Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RentalQ Tawarkan Solusi Untuk Efisiensi Mobilitas Perusahaan

Bisnis rental mobil dinilai masih memiliki permintaan tinggi seiring meningkatnya kebutuhan mobilitas dan fleksibilitas.
Diskusi virtual peluncuran RentalQ/ dok. RentalQ
Diskusi virtual peluncuran RentalQ/ dok. RentalQ

Bisnis.com, JAKARTA- Problem penawaran dan permintaan adalah kunci persoalan utama pada perusahaan penyewaan kendaraan. Banyak perusahaan dengan armada besar namun terbatasi dengan kontrak yang berjangka panjang mengalami beban cash inflow, dan biaya penyusutan yang besar yang membuat tidak fleksibel dan terjebak di persaingan harga.

Perusahaan rental terkemuka, RentalQ, menawarkan cara baru untuk memenuhi kebutuhan mobilitas perusahaan melalui kepastian dan kenyamanan menggunakan stok kendaraan yang mereka miliki. RentalQ menyediakan teknologi yang lebih baik melalui integrasi ekosistem untuk mendukung mobilitas yang efektif dan efisien dengan menciptakan nilai-nilai terbaik untuk pemangku kepentingan.

CEO PT Mioto Agung Mobilitas, Bambang Bodhianto, mengungkapkan RentalQ membangun Enterprise Fleet Management sebagai solusi untuk memonitor penggunaan dan kondisi kendaraan serta mengoptimalisasikan utilitasnya. "Hal ini kami siapkan karena Perusahaan membutuhkan fleksibilitas jangka pendek yang mendukung berbagai aktivitas, juga untuk menjamin pemeliharaan preventif bebas gangguan dan menghindari down time," tambahnya, dikutip Rabu (5/5/2021).

Selain itu lanjut Bambang, pengguna umumnya ingin menghindari investasi pada pembelian kendaraan, mengingat mobil adalah aset yang mengalami depresiasi cukup besar. “Kondisi saat ini telah tercipta trend dan ekspektasi baru pada market untuk sewa jangka pendek dan fleksibel” ungkapnya.         

Sementara itu, CEO Miota yang merupakan induk usaha Mioto sekaligus Agung Concern, Moshe Pandjaitan, mengatakan RentalQ merupakan kolaborasi pengalaman dan pengetahuan mendalam Agung Rent. "Dengan keunggulan teknologi Miota Kami luncurkan solusi rental mobil masa depan RentalQ Flexibility & Sustainability of Mobility dari PT Mioto Agung Mobilitas."

Dia memperkirakan tren ke depannya akan banyak perusahaan yang membutuhkan fleksibilitas dalam menyewa kendaraan untuk kebutuhan mobilitas mereka, dimana mobilitas adalah sesuatu yang tidak terelakkan dalam dunia bisnis. Mobilitas adalah kebutuhan penting dalam dunia bisnis trend kedepannya akan banyak perusahaan yang membutuhkan fleksibilitas dalam menyewa kendaraan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas tersebut.

“Memenuhi market tersebut RentalQ hadir menjadi partner bisnis dengan menyediakan layanan end to end mobility solution platform di bawah naungan PT Mioto Agung Mobilitas yang merupakan perusahaan joint venture antara Miota dan Agung Ventures,” kata Moshe

Lebih jauh Moshe menjelaskan, dengan design OBD2 untuk mobil penumpang dan ERP Fleet Management RentalQ memberikan solusi mobilitas yang fleksibel dan berkelanjutan melalui Engine monitoring GPS tracking CCTV dan preventive maintenance module. RentalQ menawarkan manfaat utama dengan menciptakan keseimbangan permintaan dan penawaran, pemanfaatan yang lebih bervariasi dari berbagai tipe & merk dengan harga terjangkau serta jangka waktu yang fleksibel

Arga Richir, CFO Mioto, menambahkan RentalQ menghadirkan topology Mioto yang mengintegrasikan device connectivity data management dan data analitikal untuk mengetahui real-time kondisi kendaraan. "Sehingga mempermudah monitoring melalui mobile apps dan web dashboard," katanya.

Diungkapkan Arga, ada delapan nilai manfaat dari ekosistem yang mereka hadirkan di RentalQ. Pertama, pembiayaan perbankan dengan menyediakan dana untuk membeli kendaraan & refinancing. Kedua, dealer resmi yang menyediakan berbagai tipe mobil baru untuk memenuhi ekspektasi konsumen. Ketiga, showroom yang menyediakan atau membeli berbagai tipe mobil bekas dengan harga murah & berkualitas.

Keempat, balai lelang sebagai sarana peremajaan kendaraan yang telah selesai masa kontraknya. Kelima, service dan perawatan untuk pemeliharaan agar kendaraan tetap prima. Keenam, sparepart untuk penggantian bagian yang rusak dan mengurangi down time. Ketujuh, aksesoris, autodetailing dan car wash, untuk menyediakan mobil yang nyaman. Dan terakhir, asuransi yang menjamin keamanan dan keselamatan untuk penyedia dan pengguna dengan meminimalkan risiko.

"RentalQ menghadirkan benefit tidak hanya untuk pengguna tapi juga provider. Manfaat apa yang dapat kami berikan kepada provider? Yaitu peningkatan demand, mengurangi kendaraan idle, meningkatkan utilization rate, fleksibilitas kontrak, dan banyak keuntungan lainnya," jelas Arga.

Sedangkan benefit bagi pengguna adalah kemudahan mendapatkan manfaat, ketersediaan dan kesiapan unit, fleksibilitas waktu dan tempat, efektivitas biaya yang terjangkau, layanan yang mudah dan komprehensif, kemampuan mengontrol dan mengatur pemanfaatan kendaraan, mengurangi investasi atau belanja modal, dan penghematan biaya pajak. “Selain harga yang kompetitif dan tarif yang transparan, fleksibilitas pembayaran serta proses penagihan sewa yang terjadwal adalah keunggulan RentalQ,” tutup Arga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper