Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uang Beredar Diprediksi Bakal Meningkat, Dipicu Konsumsi Ramadan dan Idulfitri

Peningkatan uang beredar juga akan didorong oleh percepatan program perlindungan sosial oleh pemerintah, serta berbagai stimulus ekonomi lainnya.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 25 April 2021  |  15:19 WIB
Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Jakarta, Selasa (5/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Jakarta, Selasa (5/1/2021). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Uang beredar di masyarakat diperkirakan akan mengalami peningkatan pada April dan Mei 2021, seiring dengan meningkatnya konsumsi di periode Ramadan dan Idulfitri.

Pada Maret 2021, Bank Indonesia (BI) mencatat uang beredar tumbuh 6,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi sebesar Rp6.888,0 triliun, melambat dari bulan sebelumnya yang tumbuh 11,3 persen yoy.

VP Economist Bank Permata Josua Pardede mengatakan pertumbuhan uang beredar meski melambat pada periode Maret 2021, secara bulanan menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi terus membaik pada kuartal I/2021.

“Pada April-Mei 2021 ini, uang beredar diperkirakan akan cenderung meningkat didorong oleh aktivitas ekonomi di bulan Ramadan dan Idulfitri bersamaan dengan momentum pemberian THR pekerja/buruh dan pemberian gaji ke-14 untuk ASN,” katanya kepada Bisnis, Sabtu (25/4/2021).

Di samping itu, Josua mengatakan peningkatan uang beredar juga akan didorong oleh percepatan program perlindungan sosial oleh pemerintah, serta berbagai stimulus ekonomi lainnya.

Beberapa faktor tersebut akan mendorong peningkatan konsumsi, sehingga akan menjaga momentum pemulihan ekonomi pada kuartal II/2021.

Meski pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik, di sisi lain kata Josua pemerintah juga menyiapkan beberapa program, seperti kampanye Berbagi Kiriman untuk Keluarga di Rumah, program Harbolnas Ramadhan dan program Penyaluran Bantuan Sosial.

“Mengingat kuartal II/2021 merupakan momentum pemulihan ekonomi pada 2021 ini, tren peningkatan uang beredar diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa bulan kedepan,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konsumsi Ramadan uang beredar
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top