Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Shrimp Estate di Aceh Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Pembangunan shrimp estate di Aceh Timur tersebut direncanakan dibangun di lahan seluas 5.000 sampai 10.000 hektare.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 April 2021  |  14:24 WIB
Kincir angin tambak udang.  - Solopos
Kincir angin tambak udang. - Solopos

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menginginkan pembangunan shrimp estate di Aceh selesai pada tahun ini guna mendukung peningkatan kinerja produksi komoditas udang di Tanah Air.

"Mudah-mudahan shrimp estate segera selesai pada 2021 dan dapat menunjang program target 2 juta ton produksi udang nasional sampai tahun 2024," ucap Menteri Trenggono melalui siaran pers, Rabu (21/4/2021).

Menurut dia, saat ini ada dua hal yang penting yang merupakan kontribusi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terhadap pengembangan provinsi di Aceh, yaitu pembangunan shrimp estate di Aceh Timur dan perbaikan infrastruktur pelabuhan perikanan.

Menteri berpendapat bahwa pembangunan shrimp estate selaras langkah KKP yang menjadikan udang sebagai salah satu komoditas unggulan ekspor.

Pembangunan shrimp estate di Aceh Timur tersebut, lanjutnya, direncanakan dibangun di lahan seluas 5.000 sampai 10.000 hektare.

Selain produktivitas udang, dalam kesempatan tersebut Trenggono menerangkan bahwa pelabuhan perikanan di Aceh memiliki potensi yang besar dan memiliki produktivitas yang tinggi setiap tahunnya.

Pelabuhan tersebut di antaranya Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Idi, Pelabuhan Perikanan (PP) Ujung Serangga, dan PP Labuhan Haji.

"Total produksi pelabuhan mencapai 34.000 ton per tahun, maka dari itu perlu adanya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah," ujar Trenggono.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

udang kkp

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top