Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Revisi ke Atas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global, Hampir 6 Persen

Bank Indonesia merevisi prakiraan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2021 menjadi 5,7 persen, lebih tinggi dari prakiraan sebelumnya sebesar 5,1 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 20 April 2021  |  15:00 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini akan meningkat sebesar 5,7 persen. Proyeksi ini meningkat dari perkiraan sebelumnya sebesar 5,1 persen.

“Bank Indonesia merevisi prakiraan pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2021 menjadi 5,7 persen, lebih tinggi dari prakiraan sebelumnya sebesar 5,1 persen,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Selasa (20/4/2021).

Perry mengatakan perkembangan perrekonomian global tersebut terutama didorong oleh perbaikan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan China yang berlangsung lebih cepat dibandingkan negara lainnya.

Di AS, perbaikan ekonomi diperkirakan semakin kuat, sejalan dengan proses vaksinasi yang berjalan lancar dan tambahan stimulus fiskal yang lebih besar.

Sementara di China, pemulihan ekonomi yang lebih tinggi ditopang oleh perbaikan permintaan domestik dan global. 

“Pemulihan ekonomi global yang lebih tinggi terkonfirmasi oleh perkembangan sejumlah indikator dini pada Maret 2021, seperti Purchasing Managers' Index  [PMI], keyakinan konsumen, dan penjualan ritel di beberapa negara yang terus meningkat,” jelas Perry.

Di sisi lain, BI menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi sebesar 4,1 hingga 5,1 persen di tahun ini. Sebelumnya, ekonomi Indonesia diprediksi akan tumbuh pada kisaran 4,8 hingga 5,8 persen.

Penurunan proyeksi disebabkan oleh indikator konsumsi swasta yang masih rendah, tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen dan Indeks Penjualan Ritel hingga Maret 2021 yang masih tumbuh terbatas.

Namun, BI optimistis perbaikan ekonomi domestik masih terus berlangsung terutama didukung oleh peningkatan kinerja ekspor dan belanja fiskal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top