Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Panama Rayu RI, Berharap Jadi Gerbang Ekonomi Karibia dan Amerika Latin

Presiden Panama mengajak Indonesia agar meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di kawasan Amerika Latin dan Karibia.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 19 April 2021  |  10:37 WIB
Ilustrasi - wilayah Panama - printech
Ilustrasi - wilayah Panama - printech

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Panama Laurentino Cortizo Cohen mengajak Indonesia agar meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di kawasan Amerika Latin dan Karibia.

Hal tersebut disampaikan saat Duta Besar RI untuk Panama yang baru, Sukmo Harsono menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Panama Laurentino Cortizo Cohen di Istana Presiden (Palacio de Las Garzas), Panama City pekan lalu.

Presiden Laurentino Cortizo Cohen mengungkapkan komitmen kerja sama dengan Indonesia, tidak hanya secara bilateral, tetapi juga pada forum-forum internasional.

"Presiden Cortizo juga menyampaikan harapan agar kiranya Indonesia dapat menjadikan Panama sebagai gerbang ekonomi di kawasan Amerika Latin dan Karibia," seperti dikutip dari keterangan resmi KBRI Panama City pada Senin (19/4/2021).

Dubes Sukmo Harsono menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Laurentino Cortizo Cohen dan rakyat Panama.

Terkait permintaan Presiden Panama, Dubes Sukmo menyambut baik dan akan mengusulkan kepada Menteri Perdagangan RI untuk membuka warehouse di Colon Free Trade Zone sebagai ruang promosi produk Indonesia.

Selain itu, Dubes Sukmo juga menyampaikan harapan agar pemerintah Panama dapat mengeluarkan Indonesia dari daftar restricted country Panama dalam pemberian visa untuk dapat meningkatkan people-to-people contact.

Hubungan diplomatik RI - Panama berlangsung sejak 1979 dengan ditandatanganinya MoU oleh kedua negara di New York. Hal itu ditindaklanjuti dengan pembukaan Kedutaan Besar Panama di Jakarta pada tahun 1999 dan pembukaan Kedutaan Besar RI di Panama City pada tahun 2010. Sebelumnya, perwakilan RI di Panama dirangkap oleh KBRI Mexico City.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu panama
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top