Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Datangkan Tanker Baru, Pertamina Lirik Potensi Pasar Luar Negeri

Dengan mendatangkan dua unit kapal tanker raksasa (very large crude carrier/VLCC) berkapasitas 2 juta barel, pihaknya bisa mengembangkan potensi pasar luar negeri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 15 April 2021  |  18:56 WIB
Kapal pengangkut minyak Pertamina Prime. - Istimewa
Kapal pengangkut minyak Pertamina Prime. - Istimewa

Bisnis.com, KOTAAGUNG — PT Pertamina (Persero) melirik potensi bisnis pengangkutan energi di luar negeri seiring dengan penambahan armada kapal baru.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa dengan mendatangkan dua unit kapal tanker raksasa (very large crude carrier/VLCC) berkapasitas 2 juta barel, pihaknya bisa mengembangkan potensi pasar luar negeri.

Menurutnya, minyak mentah yang diproduksi di sumur-sumur milik Pertamina di luar negeri bisa menjadi potensi bisnis untuk dijual ke negara lain.

"Kita punya fklesibilitas karena sebelumnya untuk bawa minyak dari luar kita pakai kapal yang lain ini bisa kita optimalkan juga sehingga kalau dilihat dari utilisasi kapal ini bisa meningkat kemudian efisiensinya bisa kita tingkatkan," ujar Nicke di Teluk Semangka, Lampung, Kamis (15/4/2021).

Di samping itu, dengan teknologi super stream duct pada desain kapal dapat membuat performa kapal VLCC milik Pertamina lebih baik.

Menurut Nicke, teknologi itu dapat menghemat konsumsi bahan bakar yang lebib efisien dibandingkan dengan kapal-kapal lain.

"Jadi, kalau kita lihat biaya transportasi bisa kita turunkan dan dengan efisiensi ini fuel consumption-nya turun 25 persen," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kapal tanker
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top