Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Blak-blakan Soal Stok Avtur saat Pandemi

Pertamina menjelaskan kondisi stok avtur di sejumlah depot selama masa pandemi Covid-19.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 08 April 2021  |  13:27 WIB
Pekerja beraktivitas di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (25/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan avtur di sejumlah depot justru meningkat selama masa pandemi Covid-19 dibandingkan dengan pada hari-hari normal.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Pertamina Mas'ud Khamid menuturkan selama masa pandemi stok avtur justru sangat tinggi di berbagai depot milik perseroan. Sarana dan fasilitas DPPU Pertamina saat ini dalam siap maksimum.

"Jadi selama pandemi ini pasokan di atas 60 hari bahkan sempat di atas 200 hari. Meskipun penerbangan lagi turun tetapi fasilitas tetap kami jaga," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (8/4/2021).

Pertamina juga memastikan ketersediaan stok dan kelancaran pasokan yang diperlukan. Perseroan juga berkoordinasi dengan maskapai dan instansi terkait untuk berkoordinsi mengonfirmasi jumlah penerbangan periode haji dan estimasi kebutuhan avtur.

Pihaknya telah menyiapkan depot pengisian pesawat udara di setiap embarkasi keberangkatan haji mulai dari Aceh sampai dengan Makassar.

Adapun, kapasitas penyimpanan Pertamina sebesar 188.000 kiloliter (KL) yang dilengkapi dengan armada sebanyak 155 unit. Pertamina mengelola 13 embarkasi dengan mengerah sebanyak 536 sumber daya manusia.

Masud menjelaskan dalam kurun waktu lima tahun terkahir yakni periode 2015--2019, pertumbuhan konsumsi avtur selama musim haji adalah sebesar 5 persen. Pada 2019 total konsumsi avtur untuk penyelenggaran haji tercatat sebesar 85.000 kl.

Sementara itu, per Selasa (5/4/2021), rata-rata jumlah pasokan avtur Pertamina berada pada level rata-rata pada 65 hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina avtur
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top