Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hannover Messe 2021, Kemenperin Pamer Implementasi Industri 4.0

Setiap tahun, Hannover Messe memilih satu negara sebagai partner country. Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang mendapat kesempatan menjadi official partner country Hannover Messe.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 05 April 2021  |  13:56 WIB
Ilustrasi logo revolusi industri 4.0. - Reuters/Wolfgang Rattay
Ilustrasi logo revolusi industri 4.0. - Reuters/Wolfgang Rattay

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian menggelar rangkaian pra-seminar Hannover Messe 2021 pada 5-9 April 2021. Kegiatan ini bertujuan sebagai persiapan rangkaian penyelenggaraan Hannover Messe 2021 sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat akan kegiatan tersebut.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Eko S.A Cahyanto mengatakan pra-seminar akan menghadirkan para narasumber dari industri dalam negeri yang telah dan sedang melakukan transformasi Industri 4.0.

"Mereka akan menampilkan berbagai capaian dalam perjalanan mengimplementasikan Industri 4.0,” katanya saat membuka Pra-Seminar Indonesia Partner Country Hannover Messe 2021, Senin (5/4/2021)

Dia menambahkan, kegiatan pra-seminar diharapkan dapat menjadi wadah untuk berbagi informasi terkait implementasi Industri 4.0 yang dapat mendorong para pelaku industri lainnya di Indonesia untuk turut mengadopsinya.

Hannover Messe merupakan pameran dagang terkemuka dunia untuk teknologi industri dengan tradisi yang telah berjalan selama lebih dari 72 tahun. Eksibisi ini memiliki eksposur internasional yang kuat.

Setiap tahun, Hannover Messe memilih satu negara sebagai partner country. Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang mendapat kesempatan menjadi official partner country Hannover Messe.

Tahun ini Indonesia berpartisipasi sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2021 Digital Edition yang akan berlangsung pada 12-16 April 2021. Peran serta Indonesia dalam ajang pameran terkemuka di dunia bagi sektor industri ini diharapkan dapat menampilkan capaian implementasi industri 4.0 serta mendorong kerjasama di bidang teknologi industri.

"Partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country akan membuka peluang untuk melakukan National Branding atas posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pemain manufaktur global,” ujar Eko.

Sementara itu, dijadwalkan Presiden Joko Widodo  (Jokowi) dan Kanselir Jerman Angela Merkel akan membuka pameran teknologi industri Hannover Messe pada 12 April 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa sebanyak 156 perusahaan Indonesia akan ambil bagian dalam perhelatan tersebut.

“Ada 156 perusahaan akan tampil dan diharapkan dengan Hannover Masse ini yang dibuka secara digital dan pamerannya fully digital,” katanya usai mengikuti Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Senin (5/4/2021)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur kementerian perindustrian Revolusi Industri 4.0
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top