Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah! Efek Relaksasi PPnBM, Harga Mobil Turun di 46 Kota

Penurunan harga mobil menjadi salah satu pendorong terbesar terjadinya deflasi pada komponen inti Indeks Harga Konsumen (IHK).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 April 2021  |  13:55 WIB
Pengunjung melintas di samping deretan bursa mobil bekas di Jakarta, Minggu (4/2). Tren penjualan mobil bekas di 2018 diprediksi meningkat disebabkan naiknya ragam produksi mobil baru terutama segemen Low Cost Green Car (LCGC).  - Bisnis.com/Felix Jody Kinarwan
Pengunjung melintas di samping deretan bursa mobil bekas di Jakarta, Minggu (4/2). Tren penjualan mobil bekas di 2018 diprediksi meningkat disebabkan naiknya ragam produksi mobil baru terutama segemen Low Cost Green Car (LCGC). - Bisnis.com/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kendaraan mobil mengalami penurunan harga sebagai dampak dari relaksasi pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM) yang digulirkan pemerintah mulai 1 Maret 2021.

“Dari data lapangan yang kami tangkap di Maret terjadi penurunan harga mobil beberapa merek sekelas 1500 cc dan beberapa wilayah mengalami penurunan,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/4/2021).

Setianto mengatakan, penurunan harga mobil terjadi di 46 kota dari 90 kota yang dipantau BPS. Penurunan yang tertinggi pun terjadi di kota Manado.

“Di mana PPnBM ini ditanggung pemerintah dan berlaku di 1 Maret 2021, hal ini berdampak pada turunnya beberapa harga mobil baru di berbagai kota,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penurunan harga mobil tersebut pun menjadi salah satu pendorong terbesar terjadinya deflasi pada komponen inti Indeks Harga Konsumen (IHK).

Komponen inti pada Maret 2021 tercatat mengalami deflasi -0,03 persen. Selain penurunan harga mobil, penyumbang deflasi lainnya adalah penurunan harga emas perhiasan sebesar -1,79 persen dan memberikan andil ke deflasi sebesar 0,02 persen.

Adapun, BPS mencatat IHK pada Maret 2021 mengalami inflasi sebesar 0,08 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Secara tahunan, inflasi pada Maret 2021 mencapai 1,37 persen.

Inflasi terjadi di 58 kota pantauan IHK dan 32 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Jayapura sebesar 1,07 persen, sementara deflasi tertinggi terjadi di Baubau sebesar -0,99 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi BPS Harga Mobil
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top