Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran 2021, Kualitas Jalan di Sumatra Ditingkatkan

Peningkatan kualitas jalan di tiga ruas, yakni Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Palembang.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  18:32 WIB
Ilustrasi - Salah satu sudut jalan rusak di daerah Lintas Sumatra yang selalu dikeluhkan para pemudik dan perusahaan otobus. - Bisnis/Istimewa
Ilustrasi - Salah satu sudut jalan rusak di daerah Lintas Sumatra yang selalu dikeluhkan para pemudik dan perusahaan otobus. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang meningkatkan kualitas jalan di Pulau Sumatra menghadapi musim mudik Lebaran 2021.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahardian mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan operator jalan tol untuk meningkatkan kualitas jalan tol. Seperti diketahui, panjang jalan tol yang beroperasi di Pulau Sumatra mencapai 672 kilometer.

"Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan kebijakan untuk adanya larangan mudik, tapi bagaimanapun lebaran ini pasti akan ada peningkatan lalu lintas. Oleh karena itu, [kualitas jalan] jadi perhatian kami," katanya dalam rapat dengan pendapat bersama Komisi V DPR, Selasa (30/3/2021).

Dia memberikan penekanan pada peningkatan kualitas jalan di tiga ruas, yakni Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Palembang. Total panjang ketiga jalan tol tersebut mencapai 367,42 kilometer atau 54,67 persen dari total jalan tol yang beroperasi.

Hedy menyampaikan pihaknya akan melakukan dua jenis preservasi jalan sesuai dengan kondisi, yakni rigid pavement dan flexible pavement. Namun, Hedy menargetkan agar preservasi di jalan bebas hambatan tersebut rampung atau dihentikan sementara pada H-14 Lebaran 2021.

PUPR akan melakukan preservasi pada ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung menuju Palembang dalam dua tahap. Menurutnya, hal tersebut dibutuhkan lantaran kerusakan pada ruas tersebut tergolong cukup besar.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbaikan jalan Mudik Lebaran
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top