Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kilang Cilacap Akan Jaga Pasokan Harian BBM Jawa Bagian Barat

Kilang yang dimiliki Pertamina dirancang terintegrasi antarkilang dengan sistem pengamanan apabila ada satu kilang tidak beroperasi baik untuk pemeliharaan atau terganggu sehingga produksi bisa ditangani kilang lain.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 29 Maret 2021  |  19:14 WIB
Pekerja berpatroli dengan mengendarai sepeda di area Kilang RU IV Lomanis, Cilacap, Jateng, Selasa (21/2). - Antara/Idhad Zakaria
Pekerja berpatroli dengan mengendarai sepeda di area Kilang RU IV Lomanis, Cilacap, Jateng, Selasa (21/2). - Antara/Idhad Zakaria

Bisnis.com, JAKARTA —  PT Pertamina (Persero) bakal menyuplai bahan bakar minyak dari kilang Cilacap selama penghentian operasi kilang Balongan.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Masud Khamid mengatakan bahwa kilang yang dimiliki Pertamina dirancang terintegrasi antarkilang dengan sistem pengamanan apabila ada satu kilang tidak beroperasi baik untuk maintenance atau terganggu, sehingga produksi bisa ditangani kilang lain.

Dia memastikan dengan insiden yang terjai di kilang Balongan saat ini tidak memengaruhi pasokan untuk Jawa bagian Barat yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Untuk stok bensin (gasoline) pada saat ini sebanyak 10,5 juta barel yang akan cukup hingga 27 hari sampai dengan 28 hari ke depan, sedangkan rata-rata konsumsi nasional berada pada kisaran 62.500 kiloliter per hari.

Untuk stok solar saat ini berada pada level 8,8 juta barel atau cukup untuk kebutuhan 20 hari ke depan. BBM jenis avtur berada pada level 3,2 juta barel atau cukup untuk 74 hari ke depan.

"Tidak [terganggu], produksi disuplai dari Cilacap," katanya kepada Bisnis, Senin (29/3/2020).

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa pola pasokan BBM memiliki skenario pada saat kondisi harus beroperasi secara darurat. Pertamina akan mengoptimalkan stok produk dari kilang lain yang akan disalurkan langsung ke daerah yang selama ini dipasok dari kilang Balongan yakni DKI Jakarta dan Cikampek.

"Jadi, kami pastikan kepada masyarakat tidak ada kendala suplai BBM karena equipment utama dari kilang ini tidak terdampak, jadi kebakaran hanya di daerah tangki saja. Kilang akan dioperasikan kembali setelah berhasil dipadamkan," ujar Nicke.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kilang minyak kilang balongan Kilang Cilacap
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top