Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Temui Menlu Singapura, Airlangga Bahas Kerja Sama Investasi

Sejumlah topik kerja sama dalam entuk investasi menjadi pembahasan pertemuan bilateral antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan saat acara peluncuran progam penjaminan pemerintah kepada padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Rabu (29/7/2020). Bisnis
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan keterangan saat acara peluncuran progam penjaminan pemerintah kepada padat karya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di Jakarta, Rabu (29/7/2020). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengajak Singapura untuk memperkuat kerja sama investasi guna mempercepat pemulihan ekonomi kedua negara.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, pada Jumat (26/3/2021).

Pertemuan tersebut merupakan kelanjutan hasil pertemuan tingkat menteri Indonesia-Singapura yang sebelumnya digelar secara virtual dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura. Ini juga merupakan rangkaian kunjungan Menteri Luar Negeri Singapura ke beberapa negara anggota ASEAN.

“Saya berharap Indonesia dapat terus bekerja sama dengan Pemerintah Singapura terutama memperdalam kerja sama ekonomi antara kedua negara dan mengatasi tantangan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung,” ujar Airlangga, seperti dikutip dari siaran persnya, Jumat (26/3/2021).

Tercatat terdapat sejumlah kerja sama ekonomi bilateral antara Indonesia-Singapura, yang dibahas dalam Pertemuan Tingkat Menteri yang diadakan pada 15 Oktober 2020. Kerja sama itu tertuang dalam Enam Kelompok Kerja Ekonomi Bilateral (6WG), yaitu 1) Batam-Bintan-Karimun dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) lainnya, 2) investasi, 3) ketenagakerjaan, 4) transportasi, 5) agribisnis, dan 6) pariwisata.

Airlangga dalam hal ini mengatakan, Pemerintah Indonesia mengapresiasi komitmen kuat Singapura untuk terus berinvestasi di Indonesia. Pada tahun lalu, investasi asing langsung dari Singapura mencapai US$9,8 miliar, meningkat 34 persen dibandingkan dengan 2019 dan merupakan rekor tertinggi dalam 6 tahun terakhir.

“Kantor kami selalu terbuka untuk inisiatif dan kolaborasi yang diprakarsai bersama untuk terus mempromosikan peluang bisnis di Indonesia dan Singapura”, tutur Airlangga.

Adapun sejumlah poin pembahasan yang dilakukan dengan Menlu Singapura di antaranya adalah Integrasi Pembangunan Batam, Bintan, dan Karimun-Singapura; Inisiatif Kerja Sama Industri Digital; Kerja Sama Program Pengembangan Tech-Talent, Travel Bubble Innitiatives Singapura-Bintan dan Kawasan Industri Kendal.

Selain itu adapula kemungkinan kerja sama di bidang infrastruktur; pengembangan smelter Alumina di KEK Galang Batang; pembangunan jembatan Batam-Bintan; pengembangan Maintenance Repair & Overhaul (MRO) KEK Batam Aero Technic; dan Leaders’ Retreat.

Dalam kerjasama multilateral, Airlangga juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk mencari dukungan Singapura pada Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022. Indonesia berharap kerja sama G20 dapat membawa pesan positif seiring dengan upaya untuk mengatasi tantangan besar saat ini khususnya dalam pemulihan ekonomi global.

“Saya ingin menutup dengan menegaskan kembali komitmen kuat Pemerintah Indonesia untuk terus bekerja sama dengan Singapura. Saya percaya bahwa masih banyak peluang yang harus dimanfaatkan kedua negara di tahun-tahun mendatang,” ujar Airlangga.

Senada dengan Airlangga, Menteri Luar Negeri Singapura mengatakan bahwa kerja sama kedua negara dibutuhkan untuk memperkuat pemulihan ekonomi kawasan.

“Kita tidak dapat pulih sendirian, melainkan membutuhkan peran seluruh wilayah untuk bekerja sama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper