Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NLE Bikin Sistem Logistik Lebih Komprehensif

National Logistics Ecosystem atau NLE mampu menjadikan sistem logistik menjadi lebih komprehensif dan lebih memudahkan masyarakat.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 Maret 2021  |  21:44 WIB
Sejumlah truk mengantre muatan peti kemas di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO - Didik Suhartono
Sejumlah truk mengantre muatan peti kemas di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO - Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebut kehadiran National Logistics Ecosystem (NLE) merupakan salah satu upaya mewujudkan Indonesia sebagai bagian dari global value chain (GVC).

Menurut Staf Ahli Kemenko Bidang Perekonomian Raden Edi Prio Pambudi, sebenarnya sudah banyak pihak yang ingin berinvestasi di Indonesia. Sayangnya, sektor logistik masih menjadi permasalahan tersendiri.

"Oleh karena itu program ini [NLE] diluncurkan sebagai bagian bagaimana mengkomprehensifkan sistem [logistik] yang ada," katanya dalam webinar bertajuk Prospek Ekonomi dan Bisnis Logistik 2021, Rabu (24/3/2021).

Edi mengatakan, sejauh ini terdapat kurang lebih 27.000 aplikasi atau sistem logistik. Kehadiran NLE ini ditujukan agar sistem-sistem tersebut dapat lebih disederhanakan demi memudahkan masyarakat.

"Coba bayangkan bagaimana masyarakat itu akan berinteraksi dengan otoritas kalau masih segini [sistemnya]. Ini yang kemudian mulai disederhanakan," ujarnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan keberadaan NLE sudah sangat tepat. Menurutnya sistem tersebut membantu mengkolaborasikan para pemangku kepentingan baik kementerian, lembaga, maupun para pelaku usaha dan asosiasi.

"Harapan saya NLE ini bisa dikembangkan lagi," ujarnya.

Sebagai informasi, pemerintah berupaya mempercepat proses ekspor-impor melalui penerapan NLE yang merupakan ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang (flow of goods) dengan dokumen internasional (flow of documents), sejak kedatangan sarana pengangkut (kapal/pesawat) hingga barang keluar dari pelabuhan dan tiba di gudang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top