Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIPI: Waspadai Permukiman Gated Community Terutama di Perdesaan

Peneliti LIPI mengingatkan pengembangan permukiman bercorak gated community perlu diwaspadai terutama di perdesaan, karena berpotensi menimbulkan permasalahan.
Petani membajak sawah dengan latar belakang perumahan./Antara/Mohamad Hamzah
Petani membajak sawah dengan latar belakang perumahan./Antara/Mohamad Hamzah

Bisnis.com, JAKARTA – Gated community, permukiman tertutup yang secara sukarela ditempati oleh kelompok sosial yang homogen dengan ruang publik diprivatisasi dengan membatasi akses melalui penerapan perangkat keamanan, diprediksi menjadi tren yang semakin dominan.

Peneliti dari Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Rusli Cahyadi mengatakan dalam beberapa hal dapat dikatakan bahwa literatur menyebutkan pembentukan gated community akan menjadi tren yang semakin dominan pada masa mendatang.

“Gated community akan dominan di sebagian besar wilayah di Indonesia bukan hanya di perkotaan, melainkan juga di perdesaan," ungkapnya dalam webinar Gated Communities and Inequality in Indonesia pada Rabu (23/3/2021).

Menurut Rusli, hal itu akan membawa pada persoalan mengenai dampak pembangunan gated community di perdesaan sekitar kota-kota inti.

Secara luas di perdesaan yang bercirikan suasana persatuan dengan kondisi sosial dan ekonomi yang relatif setara, dapat diduga akan menimbulkan masalah yang berkaitan dengan segregasi sosial dan konflik yang berbeda jika pembangunan gated community tidak terkendali.

Rusli menuturkan masalah gated village atau perkembangan gated community di perdesaan tampaknya belum mendapat perhatian akademisi yang cukup. Selama ini, permasalahan segregasi sosial, ekonomi dan konflik akibat persebaran gated community masih terfokus di perkotaan.

"Di perkotaan kita tahu bahwa segregasi sosial dan konflik dapat dilihat telah menjadi bagian warisan kota atau ciri khas kota," tuturnya.

Menurut dia, gated village atau pengembangan gated community di perdesaan bisa menjadi fokus baru untuk penelitian di Indonesia.

Sebagian besar studi yang dilakukan oleh akademisi lokal di Indonesia tentang dampak pembangunan gated community di perdesaan masih sangat jarang dan kurang. Penelitian yang spesifik dan mendalam tentang informasi dan pengembangan gated community di perdesaan masih sekadar melengkapi penelitian lain.

Sementara itu, pentingnya penelitian tentang gated community di daerah perdesaan juga bergema di tingkat global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper