Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Ratings: Fasilitas Pinjaman IMF Tak Manjur untuk Atasi Utang Negara Berkembang

Fasilitas SDR dari IMF tidak cukup untuk secara signifikan mengatasi tantangan terkait beban utang yang tinggi sebagai akibat dari pandemi.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  09:10 WIB
Kantor pusat Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington D.C., AS -  Bloomberg / Andrew Harrer
Kantor pusat Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington D.C., AS - Bloomberg / Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA - Usulan peningkatan fasilitas Special Drawing Rights, bantuan pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF) bagi negara berkembang dan miskin, hingga US$500 miliar dinilai tidak efektif.

Dikutip dari Fitch Ratings, Kamis (18/3/2021), Special Drawing Rights (SDR) tidak akan membantu ketidakseimbangan fundamental dan tekanan utang di negara berkembang dan miskin.

Fitch menilai alokasi dana bantuan yang setara dengan 3,5 persen cadangan devisa global dan 0,5 persen PDB dunia ini hanya akan memberikan dampak yang kecil dibandingkan pembiayaan darurat pada 2020 lalu.

Rencananya fasilitas tambahan SDR ini akan disahkan pada pertemuan IMF pada April 2021.

SDR adalah dana cadangan yang dikelola IMF dan dapat ditarik oleh negara anggota dengan mekanisme yang bisa memastikan konversi ke berbagai mata uang.

"Ini akan membantu negara-negara untuk menghadapi tekanan pendanaan eksternal dengan segera dan meningkatkan ketahanan terhadap potensi pengetatan kondisi pendanaan negara berkembang. Namun, tidak cukup untuk secara signifikan mengatasi tantangan terkait beban utang yang tinggi sebagai akibat dari pandemi," tulis Fitch.

Ada inisiatif yang sedang berjalan bagi masing-masing negara anggota kaya untuk mentransfer SDR baru mereka untuk mendukung negara berpenghasilan rendah, misalnya dengan mengumpulkan dana yang tersedia untuk pinjaman lunak di bawah Poverty Reduction and Growth Trust yang diterbitkan IMF.

Namun, proposal ini masih kurang berkembang daripada alokasi umum itu sendiri, kendati dapat memberikan dukungan tambahan yang signifikan untuk negara berkembang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fitch ratings imf
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top