Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ahli Pertambangan Minta Pemerintah Lebih Serius Dorong Hilirisasi

Pemerintah dinilai perlu lebih menunjukkan keseriusannya untuk mendorong pengembangan industri berbasis mineral.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  21:59 WIB
Ilustrasi - Kegiatan bongkar muat batu bara di area pertambangan PT Mitrabara Adiperdana Tbk. - mitrabara
Ilustrasi - Kegiatan bongkar muat batu bara di area pertambangan PT Mitrabara Adiperdana Tbk. - mitrabara

Bisnis.com, JAKARTA - Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) menilai pemerintah harus lebih serius dalam mendorong hilirisasi di sektor mineral.

Wakil Ketua Bidang Kajian Strategis Pertambangan Perhapi Muhammad Toha mengatakan bahwa hilirisasi tidak cukup sampai dengan menghasilkan produk antara atau setengah jadi, tetapi harus bisa sampai menghasilkan produk akhir agar menghasilkan nilai tambah yang signifikan.

Oleh karena itu, pemerintah perlu lebih menunjukkan keseriusannya untuk mendorong pengembangan industri berbasis mineral. Misalnya saja, dengan mendirikan direktorat jenderal khusus yang membawahi kegiatan pengolahan dan pemurnian agar dapat melahirkan kebijakan yang strategis.

"Di China itu punya kementerian sendiri yang membawahi metalurgi. Selain itu, mereka punya kementerian khusus chemical industri. Mereka fokus ke industri mineral itu tak lain karena mereka tahu strategisnya industri ini," ujar Toha dalam sebuah webinar, Rabu (17/3/2021).

Sedangkan di Indonesia, pengaturan kegiatan pengolahan berbasis mineral masih berada di level sub bagian, yakni di Direktorat Industri Logam, Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian.

"Bagaimana bisa kita keluar hasilkan kebijakan untuk industrialisasi berbasis mineral strategis kalau belum punya kelembagaan kuat di pemerintah. China punya kementerian sendiri, punya dana besar untuk kembangkan industri ini," katanya.

Toha melihat memang telah ada perbaikan dari kebijakan pemerintah untuk mendorong hilirisasi. Namun, masih perlu adanya penajaman dari pemerintah bahwa industri berbasis mineral ini menjadi prioritas.

"Ini masa depan dunia itu berbasis mineral. Kalau tidak bisa manfaatkan sebaik-baiknya, kita akan selalu kehilangan momentum," kata Toha.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertambangan hilirisasi mineral
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top