Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Geliatkan Industri Bus Nasional, Perpalz TV Sambangi 25 Operator Bus Sumatra

Salah satu cara membangkitkan kembali industri bus yang terdampak pandemi adalah dengan memberikan harapan positif kepada pelaku usaha dan masyarakat.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 15 Maret 2021  |  03:02 WIB
Ilustrasi bus bertempat tidur atau sleeper bus. - Repro
Ilustrasi bus bertempat tidur atau sleeper bus. - Repro

Bisnis.com, JAKARTA - Industri bus salah satu yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Guna membangkitkan kembali industri ini, PerpalZ TV, channel YouTube yang membahas khusus dunia otomotif dan transportasi darat di Indonesia bakal menggelar Sumatera Roadshow 2021 mulai 15 Maret 2021 hingga 3 April 2021.

Founder dan Host PerpalZ TV sekaligus Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera (PO SAN) Kurnia Lesani Adnan mengatakan roadshow ini akan mengunjungi para pelaku usaha di bidang transportasi darat, khususnya bus yang ada di Sumatra.

Dia menilai, salah satu cara membangkitkan kembali industri bus yang terdampak pandemi adalah dengan memberikan harapan positif kepada pelaku usaha dan masyarakat, seperti mempertemukan para stakeholders dan pelaku usaha bus untuk membahas bagaimana bisnis dilakukan ke depannya, sekaligus menginformasikan tentang perkembangan terbaru dunia bus termasuk infrastruktur pendukungnya.

"Diharapkan dengan Sumatera Roadshow 2021 ini menunjukkan geliat industri transportasi darat khususnya bus. Roadshow ini juga akan melihat seperti apa infrastuktur jalan di Sumatera, jalan tol saat ini dari Lampung sudah sampai ke Palembang dan kita ingin menunjukkan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan menggunakan bus," ujarnya saat pembukaan Sumatera Roadshow 2021 with PerpalZ TV, Minggu (14/3/2021).

Melalui roadshow ini, Sani ingin menunjukkan bahwa angkutan bus dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai sarana transportasi yang aman, nyaman dan handal, serta didukung semakin canggihnya teknologi, baik mesin, pendingin udara, kursi, ban, karoseri, hingga pelumas.

Oleh karenanya, dalam acara Sumatera Roadshow 2021 ini, PerpalZ TV juga menggandeng PT ExxonMobil Lubricants Indonesia dan akan menggunakan bus Mercedes-Benz OC500 RF 2542 milik PO SAN.

Adapun dia memerinci, trip akan dilakukan pada 15 Maret 2021 dengan awal keberangkatan dari Jakarta langsung menuju Palembang dengan menggunakan jalan tol Jakarta-Merak, menyeberang ke Bakauheni, langsung masuk tol Trans Sumatera menuju Palembang.

Dari Palembang lanjutnya, perjalanan akan turun ke Lampung, lalu melintasi pesisir barat menuju Bengkulu, kemudian ke Jambi, Padang, dan naik ke Pekanbaru, serta Kota Medan Sumatera Utara. Roadshow ini akan menempuh total jarak sekitar 6.300 kilometer pergi pulang.

"Sumatera Roadshow 2021 ini akan menemui lebih dari 25 pelaku usaha bus di Sumatera, Perpalz TV akan mengulik sejarah, teknologi, regulasi dan perkembangan dunia transportasi darat khususnya otobus di Indonesia," jelas Sani.

Adapun PO Bus di Sumatera yang akan dikunjungi Sumatera Roadshow 2021 with Perpalz TV ini antara lain:

1. Palembang: PO Epastar dan PO Yoanda Prima

2. Lampung: PO Gumarang Jaya Bersama, Puspa Jaya (Bareka), PO PHB, PO Armada Penantian.

3. Bengkulu: PO SAN , PO Putra Raflesia, PO CSH, PO Putra Simas

4. Jambi: PO Family Raya Ceria

5. Padang: PO Transport, PO ANS, PO NPM

6. Pekanbaru: AJAP (Antar Jemput Antar Provinsi) dan AJDP (Antar Jemput Dalam Provinsi)

7. Medan: PO Intra, PO Makmur, PO Bintang Utara Putra, PO Medan Jaya Simalem, PO RAPI, PO ALS, PO Putra Pelangi (Aceh), PO PMTOH (Aceh), PO Kurnia Group (Aceh), PO Sempati Star (Aceh).

Sebagai informasi, dalam menggelar Roadshow ini, PerpalZ TV juga didukung Kementerian Perhubungan RI, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, karoseri Laksana, Organda, PT Jasa Raharja (Persero), dan pihak-pihak lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi darat bus otobus
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top