Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Expedia & Accor Tegaskan Komitmen Dukung Pariwisata Berkelanjutan

Expedia Group dan Accor bekerja sama untuk memperluas komitmen mereka pada Sustainable Tourism Pledge yang digagas UNESCO.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 08 Maret 2021  |  10:29 WIB
Logo Accor terlihat di kantor pusatnya di Paris, Prancis./Bloomberg - Fabrice Dimier
Logo Accor terlihat di kantor pusatnya di Paris, Prancis./Bloomberg - Fabrice Dimier

Bisnis.com, JAKARTA – Platform pemesanan Expedia Group dan perusahaan hotel global Accor bekerja sama untuk memperluas komitmen mereka pada Sustainable Tourism Pledge (Ikrar Pariwisata Berkelanjutan) United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Terkait dengan Pledge tersebut, UNESCO pekan lalu mengumumkan bahwa Indonesia termasuk di antara tujuh negara yang mendapatkan bantuan dari Jerman.

Kesepakatan ini akan melibatkan 3.358 hotel Accor di seluruh dunia untuk mempromosikan kelestarian lingkungan dan pariwisata berkelanjutan di seluruh dunia.

Ikrar Pariwisata Berkelanjutan UNESCO mempromosikan praktik yang bertanggung jawab, ketahanan masyarakat, dan konservasi warisan dengan tujuan akhir mengubah sifat dan dampak pariwisata global.

Di bawah The Pledge ini, para pihak berkomitmen mendukung pengurangan dan penghapusan plastik sekali pakai serta mempromosikan ekonomi dan budaya lokal.

The Pledge diluncurkan pada Oktober 2019 dengan Otoritas Pariwisata Thailand, UNESCO, dan Grup Expedia sebelumnya memperoleh tanda tangan dari 500 hotel Accor di Thailand yang menuliskan nama mereka pada Pledge on a Thai microsite yang didirikan pada 2020.

Perluasan The Pledge terjadi pada saat kesadaran dan permintaan wisatawan akan praktik keberlanjutan pariwisata terus tumbuh, dengan Millennials dan Gen Z memimpin dengan kesadaran lingkungan yang meningkat.

Yang penting, para pelancong muda ini—hingga usia 40 tahun—berbagi keprihatinan yang meningkat atas dampak lingkungan yang disebabkan oleh traveling, yang mungkin dikaitkan dengan akibat yang disebabkan oleh Covid-19.

Dengan bergabungnya Accor dengan inisiatif Grup Expedia dan UNESCO, Pledge ini menjangkau hampir 100 negara, mempromosikan pariwisata berkelanjutan secara global.

UNESCO juga pekan lalu mengumumkan bahwa Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan telah menyediakan 2 juta euro untuk membantu memperluas Pledge ini di tujuh negara meliputi Indonesia, Bosnia-Herzegovina, Kamboja, Georgia, Kenya, Namibia, dan Vietnam.

Program ini akan membantu upaya UNESCO untuk membuat pariwisata muncul lebih kuat dari krisis Covid-19 dan mendorong pembangunan berkelanjutan di sektor tersebut.

Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay menyatakan upaya kolektif menjadi lebih penting karena pandemi telah menghantam sektor pariwisata dan budaya dengan keras.

“Kami berharap upaya Jerman, Accor, dan Expedia, akan mendorong pemain besar lainnya di sektor ini untuk bergabung dengan kami dan berinvestasi dalam menawarkan pariwisata yang lebih bertanggung jawab,” kata perempuan berusia 48 tahun berkebangsaan Prancis itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

accor unesco

Sumber : en.unesco.org

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top