Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rampung Maret 2021, Kapasitas Bandara Sam Ratulangi Naik 2 Kali Lipat

Proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado yang tengah berjalan ini akan meningkatkan kapasitas bandara menjadi dua kali lipat.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 07 Maret 2021  |  19:08 WIB
Bandara Sam Ratulangi.  - bandarasamratulangi
Bandara Sam Ratulangi. - bandarasamratulangi

Bisnis.com, JAKARTA – Kemajuan pengembangan Bandara Sam Ratulangi di Manado telah mencapai hingga 80 persen dengan perluasan terminal yang hampir dua kali lipat dari semula.

Proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado yang tengah berjalan ini akan meningkatkan kapasitas bandara menjadi dua kali lipat.

Terminal penumpang yang sebelumnya memiliki luas 26.481 meter persegi dengan kapasitas hanya 2,6 juta penumpang per tahun, akan diperluas menjadi 57.296 meter persegi dengan kapasitas 5,7 juta penumpang per tahun. Penyelesaian proyek Bandara Sam Ratulangi ini dijadwalkan akan selesai pada Maret 2021. 

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengatakan perseroan akan menyiapkan lokasi khusus Tourism Information Center seluas 63 meter persegi untuk menunjang pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Utara.

Selain itu, perusahaan juga menyiapkan ruang Food Village untuk UMKM yang ada di Sulawesi Utara dengan luas 129 meter persegi di lantai 1 keberangkatan, yang merupakan lokasi premium.

“Adanya pandemi ini, tentunya berdampak pada penyelesaian proyek bandara yang akhirnya terpaksa harus dijadwalkan ulang. Kami harus menyesuaikan dan beradaptasi dengan kondisi saat ini dalam setiap pelaksanaan pekerjaan proyek,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (7/3/2021).

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan keberadaan bandara ini ingin menunjukkan tonggak baru bahwa pembangunan infrastruktur akan membangkitkan kembali pariwisata dan perekonomian Sulawesi Utara.

“Dengan hampir selesainya perluasan terminal Bandara Sam Ratulangi Manado yang hampir tiga kali lipat ini dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi Sulawesi Utara dan pariwisata Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan semakin baiknya penanganan pandemi Covid-19, sehingga angka penularan dapat terus ditekan akibat disiplin masyarakat, testing, tracing, treatment, dan vaksinasi,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Sandiaga, di Bandara Sam Ratulangi akan dibuatkan Creative Hub yang menjadi etalase bagi UMKM terbaik untuk memberikan kesempatan bagi mereka berinovasi. Produk UMKM terbaik yang telah dikurasi tersebut dapat bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan provinsi.

“Nanti ada dua panggung, dan area UMKM. Jadi nanti seperti di airport di Bali, di mana setiap penumpang yang tiba dan berangkat akan dapat melihat karya-karya terbaik Sulawesi Utara. Kita akan melakukan digitalisasi juga, tidak hanya di showroom saja tapi juga masuk ke marketplace dengan QR Code," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata bandara sam ratulangi
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top