Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kementerian BUMN Targetkan Tiga Sektor Utama Penyokong Indonesia di 2040

Momentum Indonesia Emas bisa dimanfaatkan untuk tata ulang bisa mandiri, tiga sektor utama energi, pangan dan kesehatan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  13:27 WIB
MoU Sarinah, salah satu anggota Holding BUMN Pariwisata, dengan mitra global. Istimewa
MoU Sarinah, salah satu anggota Holding BUMN Pariwisata, dengan mitra global. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN menargetkan pasca pandemi Covid-19 sebagai momentum menata ulang kemandirian Indonesia di tiga sektor utama yakni energi, pangan, dan kesehatan.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury menuturkan Indonesia dalam 20 tahun mendatang atau pada 2040 akan masuk menjadi lima negara dengan ekonomi terbesar.

"Kami harapkan momentum ini bisa dimanfaatkan untuk tata ulang bisa mandiri, tiga sektor utama energi, pangan dan kesehatan. Tiga sektor utama ini merupakan kebutuhan primer, adanya ketahanan pangan, kesehatan dan energi betul-betul modal penting sebuah negara besar seperti Indonesia menjadi pemain ekonomi terbesar di dunia," urainya, Kamis (4/3/2021).

Dia menerangkan sejumlah upaya pun dipersiapkan pemerintah melalui kementeriannya untuk dapat memenuhi target besar dalam 3 sektor tersebut. Pada sektor energi, Kementerian BUMN membentuk konsorsium untuk membangun industri baterai mobil listrik sebagai salah satu sumber energi terbarukan.

Sementara dari sektor kesehatan, holding BUMN farmasi pun dibentuk oleh pemerintah dan menjadikan momentum Covid-19 sebagai bagian dari upaya membentuk industri farmasi dalam negeri, termasuk dalam pengembangan vaksin.

Dari sektor pangan, pemerintah mulai membentuk lumbung nasional, dan sejumlah holding BUMN terkait pangan seperti PTPN dan Holding BUMN pangan.

"Kami lihat peran berbagai lembaga ini diharapkan akan mampu membuat Indonesia melalui tahapan recovery dan restart. Kami harapkan melalui berbagai kegiatan investasi, proyek strategis nasional dan BUMN dapat mempercepat pemulihan," urainya.

Pengembangan ketiga sektor tersebut dilakukan untuk menyambut Indonesia Emas dalam jangka waktu menengah dan panjang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN Pertumbuhan Ekonomi pangan holding bumn
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top