Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rektor UI Optimistis SWF Mampu Raih Kepercayaan Investor Global

LPI akan menjadi tambahan modal bagi pemerintah untuk dapat berkolaborasi dengan investor asing, sehingga dapat mendukung pembangunan infrastruktur tanpa melalui utang.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  11:20 WIB
Sebelum ke UEA dan Arab Saudi, Menko Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk meminta dukungan bagi pembentukan SWF Indonesia.  - ANTARA
Sebelum ke UEA dan Arab Saudi, Menko Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir juga melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, untuk meminta dukungan bagi pembentukan SWF Indonesia. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro meyakini kehadiran Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Funds (SWF) akan meningkatkan kepercayaan investor global untuk berinvestasi di Indonesia.

“LPI yang dibentuk melalui UU Cipta Kerja dan didukung dengan PP No. 74/2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi, dengan demikian, tujuan pendirian LPI adalah untuk mendapatkan kepercayaan investor global,” katanya dalam Webinar, Kamis (4/3/2021).

Tak hanya itu, dia melihat LPI yang bernama Indonesia Investment Authority (INA) tersebut juga akan memberikan manfaat bagi ekonomi dan sosial di Tanah Air, serta akan memberikan sumbangan yang besar bari pengembangan ekonomi nasional.

Ari mengatakan adanya LPI akan menjadi tambahan modal bagi pemerintah untuk dapat berkolaborasi dengan investor asing, sehingga dapat mendukung pembangunan infrastruktur tanpa melalui utang.

Dia menyampaikan, UI sebagai institusi pendidikan tinggi yang tertua di Indonesia, akan terus berupaya mendukung dan membangun sinergitas dengan pemangku kepentingan dalam mengakselerasi pemulihan di sektor kesehatan dan ekonomi di masa pandemi.

UI pun, imbuhnya, siap mendukung pemerintah dalam mengimplementasi program-program LPI, baik mencakup aspek strategis, kelembagaan, serta tata kelola, maupun kebijakan melalui periset-periset UI.

“Sehingga memberikan harapan Presiden Joko Widodo bahwa SWF akan menjadi kelas dunia,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ui lpi SWF Indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top