Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asing Bisa Miliki Saham Media RI, Begini Syarat dari Jokowi

Investor asing kini dapat memiliki saham perusahaan media di Indonesia dengan porsi kepemilikan 20 persen hinnga 49 persen.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  07:56 WIB
Pedagang menonton siaran langsung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Pasar Impres Senen. - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pedagang menonton siaran langsung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Pasar Impres Senen. - ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan investor asing menanamkan modal atau investasi di perusahaan pers atau media di dalam negeri dengan maksimal kepemilikan 20 persen hingga 49 persen tergantung bidang usaha. 

Hal tersebut tertuang di dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 10/2021 tentang Bidang usaha Penanaman Modal. Perusahaan media, baik yan berbasis teks maupun elektronik masuk dalam daftar bidang usaha dengan persyaratan tertentu. 

Pasal 6 Perpres mengatur ketentuan bahwa dalam bidang usaha persyaratan tertentu. Investasi dapat dilakukan oleh semua investor yang penanaman modal untuk penanam modal dalam negeri (PMDN), termasuk koperasi dan UMKM dengan ketentuan: 

1. Persyaratan penanaman modal untuk penanam modal dalam negeri.
2. Persyaratan penanaman modal dengan pembatasan kepemilikan modai asing.
3. Persyaratan penanaman modal dengan perzinan khusus.

Sementara itu dalam aturan sebelumnya, yakni Perpres nomor 44 tahun 2016 tentang Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal, bidang usaha pers hanya diperbolehkan PMDN 100 persen. 

Berdasarkan UU No. 25/2007 tentang Penanaman Modal, PMDN adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal dalam negeri dengan menggunakan modal dalam negeri.

Adapun berikut persyaratan PMDN dan penanam modal asing (PMA) untuk perusahaan media berdasarkan bidang usaha: 

Daftar Bidang Usaha dengan Persyaratan Tertentu
Bidang UsahaPersyaratan
Penerbitan surat kabar, majalan, dan buletin (pers) Modal dalam negeri 100 persen dalam rangka pendirian dan modal asing maksimal 49 persen (melalui pasar modal) dalam rangka penambahan atau pengembangan usaha. 
Lembaga penyiaran swasta Modal dalam negeri 100 persen dalam rangka pendirian dan modal asing maksimal 20 persen dalam rangka penambahan atau pengembangan usaha. 
Lembaga penyiaran berlanggananModal dalam negeri 100 persen dalam rangka pendirian dan modal asing maksimal 20 persen dalam rangka penambahan atau pengembangan usaha.
Lembaga penyiaran komunitas radioModal dalam negeri 100 persen dalam rangka pendirian dan modal asing maksimal 20 persen dalam rangka penambahan atau pengembangan usaha.
Lembaga penyiaran komunitas televisiModal dalam negeri 100 persen dalam rangka pendirian dan modal asing maksimal 20 persen dalam rangka penambahan atau pengembangan usaha.

Sumber: Lampiran III Perpres 10/2021


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi investasi
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top