Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Resmikan Hari Ini, KRL Yogyakarta–Solo Ungguli KA Prameks

Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan KRL Yogyakarta–Solo hari ini, yang memiliki waktu tempuh lebih cepat dibandingkan dengan KA Prameks.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 01 Maret 2021  |  10:32 WIB
Jokowi Resmikan Hari Ini, KRL Yogyakarta–Solo Ungguli KA Prameks
Ilustrasi. Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Kereta Rel Listrik (KRL) Yogyakarta–Solo hari ini. Waktu tempuh KRL tersebut lebih cepat dibandingkan dengan Kereta Rel Diesel (KRD) Prameks

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan pengecekan langsung layanan KRL Yogyakarta–Solo beserta Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo.

“Saya bersama Dirjen Perkeretaapian melakukan inspeksi pengoperasian KRL yang sudah dioperasikan sejak 12 Februari lalu,” kata Menhub dalam siaran pers yang dikutip, Senin (1/3/2021).

Menurut Budi, KRL adalah angkutan masa depan angkutan massal di perkotaan. Oleh karenanya, kualitas pelayanan yang diberikan harus semakin meningkat.

Dia menuturkan, semenjak beroperasi pada 12 Februari 2021, KRL Yogyakarta–Solo telah melayani 20 perjalanan KRL dalam satu hari dengan adanya penambahan lintasan dari sebelumnya hanya melintasi 7 stasiun, menjadi 11 stasiun dengan jarak 59,337 km.

Adapun stasiun yang dia maksud adalah Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Brambanan, Stasiun Srowot, Stasiun Klaten, Stasiun Ceper, Stasiun Delanggu, Stasiun Gawok, Stasiun Purwosari, dan berakhir di Stasiun Solo Balapan.

“KRL Jogja-Solo ini adalah yang kedua setelah KRL Jabodetabek. Oleh karenanya pelayanannya diharapkan semakin baik dan saya senang sekali animo masyarakat untuk menggunakan KRL sangat besar,” ungkapnya.

Bukan itu saja, Budi juga mengapresiasi jajaran Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI atas beroperasinya KRL Yogyakarta–Solo. Dia berharap masyarakat Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya, dapat semakin mudah melakukan mobilitasnya sehari-hari.

Apalagi tambahnya, waktu tempuh perjalanan menggunakan KRL Yogyakarta–Solo yaitu rata-rata 68 menit, atau lebih cepat dibandingkan dengan Kereta Rel Diesel (KRD) Prameks dengan waktu tempuh rata-rata 75 menit.

“Ini bukti negara hadir memberikan pelayanan yang semakin meningkat. Ke depannya diharapkan KRL ini bisa dilanjutkan sampai ke Madiun,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi krl
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top