Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontribusi Swasta dalam Distribusi Vaksin Pacu Momentum Pemulihan

Keterlibatan swasta dalam distribusi vaksin Covid-19 di Tanah Air merupakan terobosan yang memungkinkan mekanisme di dalam industri bisa bergeliat menuju normal.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 01 Maret 2021  |  20:50 WIB
Industri manufaktur. - Antara
Industri manufaktur. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kontribusi korporasi swasta dalam proses distribusi vaksin Covid-19 dinilai selaras dengan momentum pemulihan sektor industri Indonesia.

Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi mengatakan distribusi vaksin oleh sektor swasta mesti dimanfaatkan untuk menjaga tren positif sektor industri agar tidak segera berakhir.

"Ini adalah usaha pemerintah dalam memanfaatkan momentum di tengah tren PMI yang masih di level ekspansi sehingga harus dijaga agar tidak jatuh kembali. Untuk itu, memang dibutuhkan partisipasi lebih besar melalui percepatan proses distribusi," ujar Fithra kepada Bisnis, Kamis (1/3/2021).

Sebagai informasi, IHS Markit kembali melaporkan perolehan Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia periode Februari tercatat 50,9, lebih rendah dari periode Januari 52,2.

Meski masih di level ekspansif tetapi angka tersebut tidak menunjukkan laju pertumbuhan setelah PMI yang terus terungkit pada 4 bulan lalu. IHS mengungkap faktor utama perlambatan masih berdasarkan kasus Covid-19 yang tinggi.

Alhasil, PMI Februari juga menunjukkan peningkatan paling lemah di sektor kesehatan sejak November lalu.

Fithra menambahkan keterlibatan swasta dalam distribusi vaksin Covid-19 di Tanah Air merupakan terobosan yang memungkinkan mekanisme di dalam industri bisa bergeliat menuju normal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi pemulihan ekonomi
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top