Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genose C19 Jadi Alternatif Random Test Kapal Pelni

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni akan mulai menerapkan kebijakan penerapan Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau Genose C19. Kebijakan ini menjadi salah satu alternatif syarat keberangkatan untuk penumpang kapal Pelni.
Genose. Sebanyak lima alat Genose C19 telah disiapkan untuk uji coba bagi penumpang KM Dorolonda.  /Kemenristek.
Genose. Sebanyak lima alat Genose C19 telah disiapkan untuk uji coba bagi penumpang KM Dorolonda. /Kemenristek.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni akan mulai menerapkan kebijakan penerapan Gajah Mada Electric Nose Covid-19 atau Genose C19. Kebijakan ini menjadi salah satu alternatif syarat keberangkatan untuk penumpang kapal Pelni.

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Opik Taupik mengatakan sebagai bentuk dukungan terhadap produk lokal Indonesia, Pelni mendukung penuh kebijakan penerapan Genose C19 di kapal Pelni.

“Namun, hingga saat ini, Pelni masih mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan yaitu SE 18 Tahun 2021 dan SE 22 Tahun 2021 untuk perjalanan menggunakan kapal Pelni,” jelasnya melalui siaran pers, Sabtu (27/2/2021).

Sebagai langkah awal, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga sudah meninjau secara langsung uji coba perdana penerapan Genose C19 di Terminal Penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (26/2/2021).

“Pak Menhub meninjau langsung kesiapan penerapan Genose C19 untuk transportasi laut pada hari ini di lokasi pertama. Sebanyak lima alat Genose C19 telah disiapkan untuk uji coba bagi penumpang KM Dorolonda yang berangkat pada Jumat (26/02) pukul 15.00 WIB menuju Surabaya,” terang Opik Taupik.

Opik Taupik mengimbau seluruh penumpang kapal Pelni agar sebelum melaksanakan tes Genose C19 dalam kondisi sehat, tidak merokok, tidak makan dan minum kecuali air putih selama 30 menit.

Alhamdulillah, seluruh calon penumpang KM Dorolonda yang sudah menjalani uji coba pemeriksaan Covid-19 menggunakan Genose C19 semuanya dinyatakan negatif. Jadi, seluruh penumpang aman untuk mengikuti pelayaran menggunakan kapal Pelni,” imbuhnya.

Opik menambahkan perjalanan menggunakan kapal Pelni mengutamakan keamanan dan keselamatan bagi penumpangnya. Menurutnya, Pelni selalu monitoring penerapan protokol kesehatan di atas kapal Pelni.

Seluruh kru kapal sebelum keberangkatan telah dinyatakan negatif melalui uji pemeriksaan Rapid Antigen. Selain itu, perseroan juga selalu menerapkan physical distancing dan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin pada sudut-sudut kapal Pelni.

PT Pelni mengajak seluruh pihak-pihak yang terkait termasuk pemerintah daerah untuk bersama-sama mendorong penerapan kebijakan Genose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan menggunakan kapal Pelni. Harapannya adalah kebijakan Genose C19 ini segera diterapkan, karena tes ini lebih efektif dan tentu dapat meringankan biaya saat akan melakukan perjalanan transportasi laut.

Sebagai informasi, KM Dorolonda adalah salah satu dari 26 kapal penumpang milik Pelni dengan kapasitas 2.000 pax yang melayari rute Tg. Priok – Surabaya – Makassar – Baubau – Namlea – Ambon – Ternate – Bitung – Ternate – Ambon – Namlea – Baubau – Makassar – Surabaya – Tg. Priok.

Pelni sebagai perusahaan badan usaha milik negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas.

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede, sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 9 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper