Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GeNose Hadir di Transportasi Laut, Pelni: Kami Terbantu

PT Pelni (Persero) merasa terbantu dalam melakukan deteksi Covid-19 apabila GeNose hadir di transportasi laut.
Ilustrasi kapal KM Kelud. Pelni
Ilustrasi kapal KM Kelud. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menyambut baik rencana pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk menghadirkan layanan GeNose C19 di transportasi laut.

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Opik Taupik mengatakan layanan GeNose C19 dapat membantu upaya deteksi Covid-19 terhadap para penumpang yang akan berlayar dengan kapal Pelni.

"Tentunya ini akan lebih membantu lagi bagi kami untuk mendeteksi para penumpang yang akan berlayar dengan kapal Pelni, sehingga aman dan selamat bagi kami dan bagi penumpang," katanya kepada Bisnis.com, Rabu (24/2/2021).

Terkait dengan mekanisme penerapan layanan, Opik mengaku selalu menjalankan operasional bisnisnya dengan senantiasa tunduk dan taat pada peraturan yang berlaku. Sebab, Pelni sepenuhnya mendukung upaya pemerintah dalam hal mencegah penyebaran Covid 19.

"Di masa pandemi, kebijakan Pelni dalam mengangkut penumpang sejalan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 41/2020 dan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut No. 12/2020," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat pendeteksi Covid-19 yang lebih terjangkau, sehingga dapat mengurangi potensi penularan saat menggunakan transportasi umum.

Melihat animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap penggunaan layanan GeNose C19 di moda transportasi kereta api, Kemenhub berencana bakal menghadirkan layanan yang sama di moda transportasi laut. Budi mengatakan GeNose C19 akan diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir pelan ini secara acak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper