Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Stasiun Tawang di Semarang Kebanjiran, Penumpang KA Dialihkan

Hingga saat ini ada tiga kereta yang tertahan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan akibat banjir yang melanda Stasiun Tawang di Semarang.
Alif Rizqi
Alif Rizqi - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  23:03 WIB
Suasana Stasiun Tawang yang kebanjiran, Selasa (23/2/2021). Ketinggian genangan mencapai 40 sentimenter hingga 75 sentimeter, tersebar di beberapa area stasiun. - KAI
Suasana Stasiun Tawang yang kebanjiran, Selasa (23/2/2021). Ketinggian genangan mencapai 40 sentimenter hingga 75 sentimeter, tersebar di beberapa area stasiun. - KAI

Bisnis.com, SEMARANG - Stasiun Tawang di Kota Semarang kembali dilanda banjir selepas hujan deras mengguyur Kota Lumpia pada Selasa (23/2/2021). Penumpang kereta api (KA) pun dialihkan.

Manager Humas PT KAI DAOP 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan banjir menggenangi hall Stasiun Semarang Tawang setinggi 75 sentimeter, dan jalan akses masuk setinggi 55 sentimeter. Halaman parkir stasiun juga tergenang setinggi 40 sentimeter.

Dia menjelaskan, emplasemen Stasiun Tawang jalur 1 sampai dengan 7 setinggi 14 cm dari kop rel juga tergenang. Kondisi ini menyebabkan operasional perjalanan KA dari maupun ke Stasiun Tawang tidak berfungsi. 

“Untuk sementara waktu Stasiun Semarang Tawang kembali dinonaktifkan sebagai stasiun yang melayani naik dan turun penumpang,” kata Krisbiyantoro melalui siaran pers Selasa (23/2/2021).

Dia menambahkan, hingga sementara kereta api yang tidak bisa melanjutkan perjalanan antara lain KA Jayabaya relasi Malang - Pasar Senen, masih tertahan di stasiun Alastua hingga saat ini pukul 21:13 WIB atau terlambat 165 menit. 

KA Joglosemarkerto tujuan Solo juga tertahan di Stasiun Semarang Poncol. Adapun KA Joglosemarkerto tujuan Purwokerto tertahan di Brumbung," jelasnya.

Menurutnya, jajaran PT KAI (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang sudah melakukan berbagai upaya maksimal. Pemulihan pelayanan atau service recovery sudah disiapkan di Stasiun Poncol untuk penumpang KA Jayabaya.

KAI melakukan upaya "operstapen" atau pengalihan dengan menggunakan mini bus dari stasiun Brumbung menuju ke Semarang Poncol. Selain itu, mesin pompa air di stasiun juga dinyalakan mengurangi debit air di dalam peron.

“Kami juga  mengerahkan petugas perawatan jalur rel ke lokasi banjir, hingga menyiapkan pola operasi naik turun penumpang KA dipindahkan ke Stasiun Semarang Poncol," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir kereta api semarang
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top