Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tony Fernandes: AirAsia Indonesia Fokus Pemulihan Rute Domestik

Tony Fernandes berharap AirAsia Indonesia bisa fokus untuk memulihkan kapasitas penerbangan pada rute domestik pada kuartal I/2021.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  15:01 WIB
AirAsia - Bloomberg
AirAsia - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Grup AirAsia mendorong salah satu entitasnya, AirAsia Indonesia mulai memulihkan kinerjanya pada kuartal I/2021 setelah berhasil mengangkut sebanyak 2,18 juta penumpang hingga akhir tahun lalu.

CEO AirAsia Group Tony Fernandes mengatakan sepanjang 2020 lalu, AirAsia Indonesia membawa sebanyak 2,18 juta penumpang atau turun 73 persen dibandingkan dengan pada 2019 dengan sebanyak 7,96 juta penumpang. Imbasnya, tingkat keterisian atau load factor juga turun jauh hingga sebesar 15 persen menjadi 69 persen dari sebelumnya sebesar 84 persen.

Namun, Tony menyebutkan AirAsia Indonesia membukukan rebound yang kuat pada kuartal IV/2020 karena jumlah penumpang yang diangkut lebih dari lima kali lipat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya menjadi sebanyak 389.283 penumpang.

Bahkan pada Desember, AirAsia Indonesia meningkatkan kapasitas operasinya lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan pada November guna menyesuaikan pemulihan permintaan. Operasi utama tetap berlangsung untuk rute-rute domestik dengan sebesar 93 persen dari kapasitas pra-Covid pada Desember.

“Melihat rebound yang kuat dalam permintaan, Grup mengharapkan AirAsia Indonesia pulih sepenuhnya ke kapasitas domestik sebelum Covid pada kuartal I/2021,” katanya, Rabu (17/2/2021).

Secara Grup, Grup AirAsia Berhad juga telah melaporkan statistik operasi untuk kuartal IV/2020 dan Tahun Buku yang Berakhir pada 31 Desember 2020 dengan total empat wilayah operasinya mengangkut sebanyak 23 juta penumpang.

Secara keseluruhan Tony menyebutkan AirAsia sedang menjalani fase pemulihan dengan metrik operasional utama meningkat pada Desember 2020 dibandingkan dengan pada September 2020. AirAsia Indonesia, sebutnya, juga telah meningkatkan jumlah penumpang yang diangkut hingga sebelas kali.

Peningkatan ini, tekan dia, menandakan rebound untuk rute domestik yang solid untuk permintaan perjalanan udara di seluruh pasar operasi utama Grup.

Head of Corporate Secretary AirAsia Indonesia Indah Permatasari Saugi mengatakan AirAsia Indonesia berfokus memulihkan minat dan kepercayaan masyarakat untuk bepergian menggunakan transportasi udara pada 2021.

Head of Corporate Secretary AirAsia Indonesia Indah Permatasari Saugi mengatakan untuk mendukung hal ini, perseroan menawarkan kemudahan layanan rapid test antibodi, swab/rapid test antigen dan tes swab berbasis PCR juga terus menyediakan kemudahan layanan rapid test dengan penawaran khusus bagi pelanggan AirAsia Indonesia di berbagai lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk layanan rapid test drive-thru di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Penawaran khusus ini melengkapi harga tiket terjangkau yang merupakan cara untuk memperluas aksesibilitas transportasi udara bagi berbagai kalangan sekaligus untuk mendorong pemulihan pasar transportasi udara di Indonesia.

Bahkan, lanjutnya, untuk melengkapi rangkaian pemulihan operasional yang sedang dilakukan oleh Perseroan, Anak Usaha Perseroan PT Indonesia AirAsia dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) telah menandatangani nota kesepahaman untuk menyinergikan promosi dan penjualan hotel dengan tiket penerbangan AirAsia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top