Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Akan Manfaatkan Kilang dalam Proyek Kendaraan Listrik

Untuk memasuki kompetisi di bisnis kendaraan listrik, Pertamina telah berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) untuk penyediaan pengisian daya kendaraan listrik.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  19:54 WIB
Pertamina Akan Manfaatkan Kilang dalam Proyek Kendaraan Listrik
Kilang Plaju PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III Palembang. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) bakal memanfaatkan infrastruktur yang dimilikinya saat ini untuk dikembangkan dalam proyek baterai dan kendaraan listrik.

Heru Setiawan, CEO Subholding Power and New and Renewable Energy Pertamina, menyebutkan bahwa pihaknya menyadari tren bahan bakar fosil pada masa yang akan datang lambat laun akan ditingglkan.

Namun, Pertamina tetap akan memanfaatkan aset-aset untuk mengolah energi konvensional yang ada saat ini untuk nantinya dikembangkan guna menangkap peluang pada masa transisi energi.

Dia mencontohkan dari sisi bisnis hilir, Pertamina yang saat ini memiliki kilang untuk mengolah minyak mentah menjadi bahan bakar minyak (BBM), nantinya sebagian kapasitasnya akan dikonversi untuk membuat petrokimia.

“Ini juga berhubungan sama electric vehicle [EV]. EV ini beratnya baterai yang menggunakan pelat baja itu nanti pakai plastik. Ini bisa jadi bahan baku EV dan baterai,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Senin (1/2/2021).

Sementara itu, untuk memasuki kompetisi di bisnis kendaraan listrik, Pertamina telah berkoordinasi dengan PT PLN (Persero) untuk penyediaan pengisian daya kendaraan listrik.

Heru menuturkan bahwa Pertamina tengah menyiapkan panel surya yang akan dipasangkan di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Nantinya alat tersebut akan menjadi pasokan tambahan yang bisa digunakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

“Nantinya power yang berasal dari SPBU itu kombinasi dari EBT dan fosil,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina Kilang BBM Kendaraan Listrik
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top