Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awal 2021 PGN Tambah Pelanggan Baru dari Kalangan Industri

PT Trikasa termasuk sebagai pelanggan komersial industri yang gas-in pertama PGN Pasuruan pada awal 2021.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  16:51 WIB
Penguasaan aspek teknologi 4.0 menjadi salah satu fondasi utama PGN untuk mencapai keberhasilan pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor.  - PGN
Penguasaan aspek teknologi 4.0 menjadi salah satu fondasi utama PGN untuk mencapai keberhasilan pemanfaatan gas bumi di seluruh sektor. - PGN

Bisnis.com, JAKARTA — Pada awal 2021 PT Perusahaan Gas Negara Tbk. memperluas pelanggan di sektor komersial industri. Pelanggan baru tersebut tersebar di daerah Pasuruan, Cirebon, dan Bogor.

Area Head PGN (PGAS) Pasuruan Makki Nuruddin menjelaskan bahwa pada pekan ketiga Januari 2021 PGN menambah pelanggan baru di sektor industri logam dan komponen otomotif yang berlokasi di Kawasan Industri dan Pergudangan Jatim Depo Estate.

PT Trikasa, katanya, termasuk sebagai pelanggan komersial industri yang gas-in pertama PGN Pasuruan pada awal 2021. Estimasi pemakaian awal sekitar 100.000 meter kubik per bulan dan pada tahun ke empat bisa mencapai 250.000 meter kubik per bulan.

Di wilayah Pasuruan, kata Makki, saat ini pelanggan industri PGN telah mencapai 118 perusahaan.

Dengan penggunaan gas bumi sebagai bahan bakar produksi, pelanggan industri di Pasuruan maupun Jawa Timur dapat meningkatkan efisiensi produksi.

PGN terus berupaya untuk melaksanakan ekspansi pemanfaatan gas bumi di wilayah Pasuruan agar seluruh segmen masyarakat Sidoarjo bisa merasakan manfaat gas bumi.

“Pada semester I/2021 kami menargetkan untuk ekspansi sebanyak empat pelanggan industri komersial baru di wilayah Pasuruan,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (27/1/2021).

Selain di Pasuruan, pada awal 2021 PGN telah melaksanakan gas in di tiga industri dan tiga pelanggan kecil yang berada di area Bogor dan Cirebon.

Pada semester I/2021 pula, PGN menargetkan dapat menambah pelanggan komersial industri di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Surabaya, Batam, dan Dumai.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menambahkan ekspansi pemanfaatan gas bumi untuk industri umum termasuk dalam program strategis subholding gas sapta PGN yang mulai digerakkan pada 2021 ini. Penyediaan gas bumi untuk sektor industri umum akan dioptimumkan melalui infrastrukur pipa maupun nonpipa.

Sepanjang 2020, PGN telah menambah 85 pelanggan baru kawasan industri dengan total volume sekitar 16,8 BBtud dan 217 pelanggan kecil di 18 wilayah.

Pelanggan industri baru tersebut bergerak di berbagai sektor seperti logam dasar, logam fabrikasi, keramik, makanan, kimia, tekstil, kertas, kayu, dan lain-lain. Sementara itu pelanggan kecil didominikasi oleh UMKM, rumah makan, dan restoran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gas PGN
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top