Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harbour Road Toll Semarang Dilelang dalam Waktu Dekat

Harbour Road Toll Semarang tersebut dirancang memiliki panjang hingga 21,03 kilometer dengan nilai investasi mencapai Rp12,5 triliun.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  19:33 WIB
Ilustrasi: Kendaraan roda empat yang didominasi pemudik melintas di Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Solo Km 427, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA / Aji Styawan
Ilustrasi: Kendaraan roda empat yang didominasi pemudik melintas di Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Solo Km 427, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA / Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol masih mengkaji dokumen pengusahaan jalan tol Harbour Road Toll Semarang. Paket proyek tersebut direncanakan mulai dilelang pada kuartal I/2021.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa dokumen pengusahaan proyek tersebut masih dikaji oleh Direktorat Jenderal Bina Marga dan Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur (DJPI) pada Kementerian PUPR. Adapun, paket proyek tersebut diprakarsai oleh dua entitas, yakni PT Sumber Mitra Jaya dan PT Waskita Toll Road.

"Proses pelelangan akan dimulai setelah DJPI menyampaikan dokumen lelang kepada BPJT," katanya kepada Bisnis, Selasa (26/1/2021).

Jalan tol tersebut dirancang memiliki panjang hingga 21,03 kilometer dengan nilai investasi mencapai Rp12,5 triliun. Proyek yang ditargetkan beroperasi pada 2023 tersebut ditujukan untuk mengatasi kemacetan dan mendorong mobilisasi logistik di Semarang.

Investor proyek tersebut akan didorong untuk bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam pelaksanaan proyek tersebut. Konstruksi Harbour Road Toll Semarang direncanakan dimulai pada tahun ini.

Selain itu, titik awal jalan tol tersebut direncanakan berada di sekitar Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Jalan tol tersebut akan terkoneksi dengan tol Semarang—Batang dan berakhir di daerah Kaligawe yang tersambung dengan tol Semarang—Demak.

Selain Harbour Road Toll Semarang, sejauh ini masih ada tujuh paket proyek lain yang masih ada dalam proses persiapan tender. Total panjang seluruh paket konstruksi jalan tol tersebut mencapai 284,63 Kilometer.

Berdasarkan data dari laman resmi BPJT, delapan proyek itu memiliki nilai investasi Rp127,26 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semarang tol batang semarang
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top