Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BKPM Rangkul Pengusaha yang Punya Masalah Izin, Asal Jangan Dipindahtangankan

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa jika para pengusaha memiliki masalah perizinan yang belum selesai hingga realisasi investasinya terhambat, datang saja ke instansinya. Pasti dibantu.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  13:06 WIB
Mantan Ketua dan Kader Hipmi berkumpul kembali di Kabinet Jokowi: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Bahlil Lahadalia, dan M. Lutfi  -  Sumber: Istimewa
Mantan Ketua dan Kader Hipmi berkumpul kembali di Kabinet Jokowi: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Bahlil Lahadalia, dan M. Lutfi - Sumber: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berupaya agar iklim investasi di Indonesia semakin mudah dan ramah kepada pengusaha.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa jika para pengusaha memiliki masalah perizinan yang belum selesai hingga realisasi investasinya terhambat, datang saja ke instansinya. Pasti dibantu.

“Yang penting jangan mohon maaf banyak pengusaha yang pencak silatnya tinggi. Dibilang cepat-cepat, izin kita keluarin, [saat] ditanya-tanya ternyata izinnya di jual ke tempat lain,” katanya saat diskusi dengan para bos perusahaan melalui diskusi virtual, Kamis (21/1/2021).

Bahlil menjelaskan bahwa jika ada hal tersebut, itu adalah dua hal yang berbeda. Pemerintah akan membantu izin usaha selama dalam kerangka yang baik.

“Datang ke BKPM. Kita bantu sama-sama. Kita selesaikan sama-sama. Karena itu yang kita bisa selesaikan masalah di lapangan,” jelasnya.

Berdasarkan catatan BKPM hingga September 2020, total investasi di Indonesia sebesar Rp611,6 triliun. Capaian tersebut sudah 74,8 persen dari target Rp817,2 triliun. Realisasi ini naik 1,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Capaian tersebut terdiri atas penanaman modal asing (PMA) Rp301,7 triliun dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp309,9 triliun. Sedangkan dari sebarannya, di Pulau Jawa sebesar Rp307,5 triliun dan luar Jawa 304,1 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengusaha bkpm perizinan
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top