Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Laut: PELNI Layani Delapan Trayek, Kirim Perdana ke Papua dan Papua Barat

Mengawali awal tahun ini, Yahya menyebutkan KM Logistik Nusantara 2 milik PELNI juga, akan mendistribusikan bahan pokok dan penting (Bapokting) di Papua dan Papua Barat. Bapokting tersebut merupakan komoditi unggulan hasil produksi petani Merauke untuk wilayah Papua dan Papua Barat.
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) pada 2021 akan mengoperasikan 8 trayek tol laut.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut Pelni Yahya Kuncoro menuturkan trayek H-1 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 1 dengan rute Tg. Perak - Makassar - Tahuna - Tg. Perak. Kemudian Trayek T-19 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 2 dengan rute Merauke - Kokas - Sorong - Biak/Korido - Jayapura/Depapre - Sorong – Merauke.

Lalu Trayek T-15 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 3 dengan rute Tg. Perak - Makassar- Jailolo - Morotai - Tg. Perak, Trayek T-3 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 4 dengan rute Tg. Priok - Kijang - Tarempa - Pulau Laut - Selat Lampa - Subi - Serasan - Midai - Tg. Priok.

Kemudian Trayek T-10 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 5 dengan rute Tg. Perak - Tidore - Morotai - Galela - Maba/Buli - Weda - Tg. Perak. Adapula Trayek T-5 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 1 dengan rute Bitung - Ulusiau/Tagulandang - Tahuna - Lirung/Melanguane - Miangas - Marore - Tahuna - Ulusiau/Tagulandang - Bitung

“Sisanya yakni Trayek T-14 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 7 dengan rute Maumere - Lewoleba - Larantuka - Maumere dan Trayek T-13 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 11 dengan rute Kupang - Rote - Sabu - Waingapu – Kupang,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (17/1/2021).

Mengawali awal tahun ini, Yahya menyebutkan KM Logistik Nusantara 2, akan mendistribusikan bahan pokok dan penting (Bapokting) di Papua dan Papua Barat. Bapokting tersebut merupakan komoditi unggulan hasil produksi petani Merauke untuk wilayah Papua dan Papua Barat.

“Hari ini akan dikirimkan sebanyak 21 kontainer yang terdiri dari 20 kointainer beras dan satu kontainer kecap untuk seluruh wilayah Papua dan Papua Barat,” katanya.

Yahya mengajak seluruh Pemerintah Daerah dan pelaku bisnis untuk memanfaatkan angkutan tol laut ini menjadi bagian untuk pemerataan Bapokting di Indonesia, khususnya wilayah 3TP.

Pada 2020 lalu PT PELNI telah mengangkut muatan sebanyak 8.858 TEUs dengan muatan berangkat sebanyak 5.666 TEUs dan muatan balik sebanyak 3.192 TEUs. Tercatat oleh Perusahaan, muatan tersebut naik 147 persen atau naik sebanyak 5.265 TEUs dibandingkan tahun 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper