Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SKK Migas dan Kontraktor Siapkan Tender US$6 Miliar

Procurement list yang disusun sudah sejalan dengan strategi dan program SKK Migas agar tidak terjadi penurunan produksi pada 2021.
Mohammad Ridwansyah Saidi Ungsi
Mohammad Ridwansyah Saidi Ungsi - Bisnis.com 17 Januari 2021  |  16:33 WIB
Setelah selesai tahap pabrikasi yang dilakukan oleh kontraktor EPCI PT Meindo Elang Indah di Handil-1 Fabrication Yard, pada 15 Juli 2020 Anjungan KLD diberangkatkan menuju lepas Pantai Utara, Jawa Barat. Istimewa - SKK Migas
Setelah selesai tahap pabrikasi yang dilakukan oleh kontraktor EPCI PT Meindo Elang Indah di Handil-1 Fabrication Yard, pada 15 Juli 2020 Anjungan KLD diberangkatkan menuju lepas Pantai Utara, Jawa Barat. Istimewa - SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama dengan kontraktor kontrak kerja sama menyiapkan tender senilai US$6 miliar untuk pengadaan barang dan jasa.

Dalam procurement list yang telah ditetapkan tersebut terdapat 1.482 paket pengadaan. Dari jumlah itu sebanyak 86,98 persen akan diselesaikan pada Juli 2021. Pengadaan secara bulanan, paling besar dilaksanakan pada Januari 2021 sebesar 22,91 persen dari keseluruhan paket pengadaan.

Sekretaris SKK Migas Murdo Gantoro mengatakan pandemi Covid-19 telah membuat pentingnya pembenahan dan terobosan baru dalam pengelolaan pengadaan barang dan jasa hulu migas. Procurement list yang disusun melibatkan 46 KKKS dan telah diselesaikan pada Desember 2020.

Dari keseluruhan KKKS, pengadaan terbesar akan dilakukan oleh Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan nilai barang dan jasa yang ditenderkan mencapai US$1,48 miliar, dan disusul Pertamina EP sebesar US$1,45 miliar.

"Selesainya procurement list adalah salah satu upaya untuk memastikan tidak ada keterlambatan pekerjaan KKKS karena ada kendala di pengadaan di tengah situasi yang masih ada pembatasan kerja," katanya dalam keterangan resminya, Minggu (17/1/2021).

Kepala Divisi Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas Erwin Suryadi mengatkan procurement list yang disusun sudah sejalan dengan strategi dan program SKK Migas agar 2021 tidak terjadi penurunan produksi.

Salah satu fokus pengadaan barang dan jasa tahun ini adalah melakukan persiapan pengadaan melalui berbagai terobosan pengadaan yang masif dan agresif untuk menyiapkan barang dan jasa yang diperlukan untuk pengeboran 616 sumur.

"Khusus mengenai masalah pembiayaan, maka SKK Migas berharap agar dukungan dari institusi keuangan nasional juga dapat memberikan dukungan sehingga target pembelanjaan ini dapat tercapai," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skk migas tender
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top