Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Kondisi Dua Bandara Usai Gempa di Majene

Kemenhub menyampaikan kondisi terkini dua bandara yang terdampak gempa bumi di wilayah Majene, Sulawesi Barat, kemarin (14/1/2021) dengan magnitudo 6,2 SR.
Titik pusat gempa./Dok. BNPB
Titik pusat gempa./Dok. BNPB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan kondisi terkini dua bandara, yakni Bandara Tampa Padang di Mamuju dan Bandara Sumarorong di Mamasa, yang terdampak gempa bumi di wilayah Majene, Sulawesi Barat, kemarin (14/1/2021) dengan magnitudo 6,2 SR.

Kepala Otoritas bandara Wilayah V Makassar Baitul Ihwan menjelaskan kondisi bandara dan navigasi penerbangan masih dapat melayani operasi penerbangan secara normal, sedangkan untuk Bandara Sumarorong tidak terdapat kerusakan baik fasilitas sisi udara maupun sisi darat.

"Namun, terdapat keretakan pada sisi gedung tower Mamuju dan saat ini pelayanan navigasi penerbangan masih beroperasi normal dengan status AFIS [Aerodrome Flight Information Service],” ujar Baitul dalam siaran pers, Sabtu (16/1/2021).

Dia menambahkan pada bandara Tampa Padang di Mamuju, fasilitas bandara dalam kondisi serviceable (tidak terdapat kerusakan), kondisi terminal terjadi kerusakan pada plafon gedung terminal, untuk sementara dilakukan perbaikan, dan listrik utama PLN dalam kondisi off. Saat ini, bandara menggunakan secondary power sedangkan kondisi sisi gedung tower mengalami keretakan, pemanduan sementara dilakukan di gedung PK-PPK.

Pada bandara Sumarorong di Mamasa, kondisi fasilitas sisi udara dan sisi darat bandara Sumarorong Mamasa dalam keadaan aman dan tidak ada kerusakan, namun jalan akses penghubung antara kabupaten Polewali Mandar dan Kab. Mamasa longsor diakibat gempa dan hujan deras.

Sementara, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengimbau kepada seluruh bandara yang terdampak untuk melakukan monitoring secara berkala terkait dengan kondisi operasional penerbangan di bandara.

“Telah dikoordinasikan, seluruh bandara terdampak kami minta untuk melakukan monitoring secara berkala untuk memastikan tidak terdapat kerusakan yang mengganggu keselamatan penerbangan. Adapun operasi penerbangan di bandara hingga saat ini di laporkan masih berjalan normal,” kata Novie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper