Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga: Kawasan Mandalika Layak Buat Wisata Olahraga

Menparekraf Sandiaga menilai Kawasan Mandalika layak untuk menjadi venue gelaran wisata olahraga dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 16 Januari 2021  |  16:27 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno  -  Youtube : Sekretariat Presiden RI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno - Youtube : Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mempromosikan Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) layak menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism.

Sandiaga Uno telah melakukan serangkaian olahraga secara terus-menerus (triathlon) mulai dari berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, lalu dilanjutkan bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel, dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kita baru saja menyelesaikan mini triathlon trail. Mulai dari berenang di Tanjung Aan, lalu bersepeda, dilanjut lari dan finish di Pantai Kuta Mandalika. Semua kita lakukan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin yang kita praktikkan sendiri saat kita olahraga. Kita harapkan setiap kegiatan bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik,” kata Sandiaga dalam siaran pers, Sabtu (16/1/2021).

Dia menambahkan olahraga yang dilakukannya merupakan bagian dari persiapan para komunitas sport tourism untuk menyambut event internasional dengan mulai menggunakan Mandalika yang menjadi destinasi super prioritas yang fokus pada wisata olahraga.

Sandiaga berpendapat Kawasan Mandalika adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism. Komunitas-komunitas diajak untuk berkoordinasi dengan ITDC guna mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP.

"Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer yang akrab disapa Barry menjelaskan Mandalika memang disiapkan untuk menjadi destinasi sport tourism, kemudian beberapa event lainya dengan konsep olahraga sambil menikmati alam.

"Pada 2021 akan ada lima event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L'etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top