Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga: Proyek Sirkuit Mandalika & Bandara Lombok On The Track!

Menparekraf memastikan pembangunan proyek Sirkuit Mandalika dan Bandara Lombok Praya (LOP) masih on the track.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 16 Januari 2021  |  11:13 WIB
Foto udara operator menggunakan alat berat mengerjakan pembangunan
Foto udara operator menggunakan alat berat mengerjakan pembangunan "tunnel" atau terowongan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (12/8/2020). ANTARA FOTO - Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid (LOP) di Lombok diklaim on the track. Bandara LOP ditargetkan selesai pada Februari 2021, sementara Sirkuit Mandalika sudah masuk sebagai salah satu sirkuit alternatif MotoGP 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Mandalika menjadi salah satu dari lima destinasi super prioritas (DSP) sehingga penerapan protokol kesehatan sangat perlu diperhatikan.

“Kedatangan ke NTB guna memastikan penerapan protokol kesehatan telah dijalankan dengan disiplin di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kemudian meninjau progres bandara yang diperuntukan menyambut perhelatan MotoGP yang pengembangannya sudah on the track mencapai 90 persen," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (16/1/2021).

Pada kunjungannya Nusa Tenggara Barat (NTB), Sandiaga didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah melihat langsung penerapan protokol kesehatan CHSE atau K4, yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Keberlangsungan Lingkungan) di Bandara LOP.

Adapun, pengembangan Bandara LOP ditargetkan selesai pada Februari 2021. Dengan perluasan terminal mencapai 43.501 m2, diharapkan dapat menampung 7 juta penumpang per tahun dari kapasitas penumpang sebelumnya sebanyak 3,5 juta per tahun.

Terkait status bandara Internasional LOP, Sandiaga Uno berharap bisa dipertahankan dan menambah jumlah penerbangan langsung dari berbagai destinasi ke LOP ini. Dengan banyaknya penerbangan langsung, dapat meningkatkan geliat sektor parekraf.

“Bandara Lombok ini tetap menjadi bandara internasional karena pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bertumbuh dengan adanya penerbangan langsung. Didukung Big Data, kita bisa melihat minat wisatawan yang berkunjung ke NTB tidak hanya di sekitar Mandalika saja namun juga tersebar di Rinjani, Senggigi hingga Sumbawa,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top