Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IMLOW: Tarif Jalan Tol Khusus Truk Logistik Jangan Naik Dulu

Indonesia Maritime, Logistic and Transportation Watch (IMLOW) berharap pemerintah tidak menaikkan tarif jalan tol selama pandemi Covid-19, khususnya untuk truk logistik.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  13:03 WIB
Ilustrasi Jalan Tol Cikampek-Jakarta.  - ANTARA
Ilustrasi Jalan Tol Cikampek-Jakarta. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Maritime, Logistic and Transportation Watch (IMLOW) mengusulkan pemerintah untuk tetap memberikan relaksasi terhadap kegiatan logistik selama masa pandemi Covid-19.

Sekjen IMLOW Achmad Ridwan Tentowi mengatakan hal ini berkaitan dengan kenaikan tarif tol di beberapa ruas tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk pada 17 Januari 2021.

"Salah satu relaksasi yang perlu dilakukan pemerintah adalah dengan tidak menaikkan tarif jalan tol yang berhubungan dengan kegiatan truk logistik," kata Ridwan dalam siaran pers, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya hal ini perlu dilakukan berkesinambungan untuk memullihkan kembali kegiatan usaha dan menumbuhkan aktivitas perekonomian. Truk logistik merupakan mata rantai aktivitas logistik secara keseluruhan yang saat ini membutuhkan perhatian tersendiri di tengah problematika kemacetan yang terjadi selama ini.

Selain itu Sekjen IMLOW ini mengungkapkan dengan naiknya biaya tol yang termasuk dalam biaya operasional logistik akan berpotensi mengerek biaya logistik secara keseluruhan.

Seperti diketahui, Jasa Marga sebenarnya telah mengundur penyesuaian tarif selama beberapa bulan sebelum diputuskan akan menaikan tarif pada 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB mendatang di enam ruas jalan tol.

Penyesuaian tarif tol ini sendiri telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada 2020 lalu. Namun Coorporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan penyesuaian tarif pada 2020 ditunda dengan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19.

"Dengan harapan pada penanganan pandemi Covid-19 melalui program vaksin, Jasa Marga akan melakukan penyesuaian tarif yang sebenarnya di beberapa ruas tol, sudah tertunda berbulan-bulan lamanya," ungkap Heru seperti dikutip Bisnis, Kamis (14/1/2021).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top