Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teh Manten, Penghangat Tubuh di Cuaca Dingin

Teh manten adalah perkawinan antara teh dan jahe, kemudian ditambah dengan ramuan lain sebagai pengiring, sehingga disebut teh manten karena di mana-mana manten itu pasti ada iring-iringan.
Teh manten benar-benar menjadi ciri khas minuman di Kecamatan Gucialit dan menjadi seduhan yang pas untuk para tamu di saat cuaca dingin. /PTPN XII
Teh manten benar-benar menjadi ciri khas minuman di Kecamatan Gucialit dan menjadi seduhan yang pas untuk para tamu di saat cuaca dingin. /PTPN XII

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah sejak lama Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, dikenal masyarakat luas sebagai daerah penghasil teh dengan kualitas terbaik. Lokasi tepatnya ada di Desa Kertowono.

PTPN XII sudah memproduksi teh sejak zaman penjajahan Belanda dan perkebunan teh yang dimiliki juga sangat luas, mencapai lebih kurang 2.267 hektare.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan produksi, perkebunan teh yang memiliki panorama indah itu juga dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata.

Potensi tersebut dimanfaatkan oleh salah seorang warga yang tinggal di desa setempat, salah satunya Yoga. Sejak 2006, Yoga mencoba memanfaatkan potensi teh hasil produksi PTPN XII Kertowono untuk membuat minuman khas Gucialit.

Dengan menambahkan rempah-rempah yang juga melimpah di daerah tempat tinggalnya, Yoga yang juga seorang pegawai pabrik teh itu berhasil menciptakan teh dengan cita rasa rempah yang diberi nama sirup teh manten.

"Ini kawinnya teh dengan jahe, kemudian ditambah dengan ramuan lain sebagai pengiring sehingga disebut teh manten karena menurut saya dimana-mana manten itu pasti ada iring-iring," kata Yoga seperti dikutip dari keterangan pers Kementerian BUMN, Selasa (14/1/2021).

Teh manten memiliki rasa yang nikmat, apalagi dinikmati saat cuaca dingin sehingga sangat cocok untuk daerah Gucialit yang merupakan daerah dataran tinggi pegunungan.

Di setiap gelas teh manten yang disajikan, ada harapan agar pengunjung yang datang ke Gucialit bisa menikmati Gucialit tidak hanya karena panoramanya, melainkan juga keanekaragaman kulinernya.

Biasanya, teh manten ini disuguhkan bersama dengan cemilan tape ketan dan tetel, sehingga sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga saat cuaca dingin.

Yoga dibantu istri dan beberapa tetangga mulai memproduksi sirup teh manten dalam kemasan. Meskipun belum dipasarkan secara luas, minuman penghangat badan tersebut sudah memiliki pelanggan tetap hingga Pulau Bali.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang Hertutik mengatakan teh manten merupakan minuman yang sangat layak untuk dicoba saat berkunjung ke daerah Gucialit.

"Teh manten tersebut merupakan minuman tradisional yang juga memiliki berbagai manfaat. Salah satu manfaat yang langsung dirasakan adalah mampu menghangatkan badan," katanya.

Ia menjelaskan teh manten itu benar-benar menjadi ciri khas minuman di Kecamatan Gucialit dan menjadi seduhan yang pas untuk para tamu di saat cuaca dingin.

Nah, bagi anda yang kebetulan singgah di Kabupaten Lumajang bisa mencoba menikmati sirup teh manten khas Gucialit yang menghangatkan badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper