Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Pandjaitan Ajak Menlu China Berkunjung ke Danau Toba, Apa Hasilnya?

Luhut Pandjaitan menjelaskan bahwa kedatangan Menlu Cina ke Indonesia dimanfaatkan untuk membicarakan kerja sama strategis di berbagai bidang, termasuk pariwisata.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  15:17 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan (kiri) berbincang dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing, China, Rabu (24/10/2018). - Reuters/Daisuke Suzuki
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan (kiri) berbincang dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat pertemuan di Wisma Negara Diaoyutai di Beijing, China, Rabu (24/10/2018). - Reuters/Daisuke Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dan China menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di sejumlah bidang strategis termasuk dalam pengembangan sektor pariwisata, salah satunya di Danau Toba, Sumatera Utara.

Penandatanganan kerja sama tersebut diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada akun Instagramnya, Rabu (13/1/2021).

“Menyaksikan secara langsung penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di beberapa bidang strategis adalah berkat tersendiri bagi saya,” tulis Luhut, Rabu (13/1/2021).

Dia mengaku diberikan kepercayaan untuk terlibat langsung mengembangkan potensi tanah kelahirannya sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

Luhut berharap upaya kecil tersebut dapat menghasilkan manfaat dan berkat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat Toba Samosir. Penduduk di daerah itu disebut punya rasa bangga dan cinta yang besar pada tanah kelahirannya.

Sementara itu, Luhut menjelaskan bahwa kedatangan Menlu China ke Indonesia dimanfaatkan untuk membicarakan kerja sama investasi dan beberapa proyek trategis, pariwisata hingga pemulihan ekonomi nasional.

“Saya sampaikan harapan saya kepada beliau tentang adanya komitmen kuat untuk mengimplementasikan kesepakatan strategis bilateral kedua negara, sebelum sore hari ini Bapak Wang Yi bertemu dan mendengar langsung harapan Presiden Jokowi atas kerjasama kedua negara sahabat ini," ujarnya.

Adapun, pada Selasa (12/1/2021), Menko Luhut yang didampingi oleh Wamendag melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengenai peningkatan kerjasama strategis di bidang maritim, investasi dan perdagangan, pelatihan vokasi, dan pengentasan kemiskinan di daerah pesisir.

“Besok [hari ini] Bapak Wang Yi akan diterima oleh Bapak Presiden RI dan mendengar langsung harapan Bapak Presiden terhadap kerjasama strategis kedua negara yang telah terjalin selama ini,” kata Luhut pada Selasa (12/1/2021).

Tidak disebutkan secara jelas kerja sama yang dijalin dengan Pemerintah China. Luhut hanya menyebut bahwa kerja sama dijalin pada sejumlah ibidang strategis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china danau toba menlu wang yi Luhut Pandjaitan
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top