Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bos Freeport-McMoRan James Moffett Wafat, Begini Sejarah Bisnisnya

Moffet membantu mengatur merger dengan Freeport Minerals Co. pada tahun 1981, yang membentuk Freeport-McMoRan Inc. Moffett menjabat sebagai CEO hingga tahun 2003 dan sebagai ketua hingga 2015.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  09:36 WIB
Dirut sekaligus pendiri Freeport-McMoRan James R. Moffett - fuelfix.com
Dirut sekaligus pendiri Freeport-McMoRan James R. Moffett - fuelfix.com

Bisnis.com, JAKARTA — James Moffett, seorang ahli geologi dan mantan pemain sepak bola perguruan tinggi yang menemukan salah satu tambang emas dan tembaga terbesar di dunia dan mengembangkan salah satu perusahaan terbesar di Arizona, meninggal pada 8 Januari karena komplikasi Covid-19 pada usia 82 tahun.

Pencari sumber daya alam berupa minyak dan logam kelahiran Louisiana memasuki kancah bisnis Arizona ketika perusahaannya, Freeport-McMoRan, mengakuisisi penambang tembaga Phelps Dodge pada 2007 seharga US$26 miliar dan setuju untuk mempertahankan kantor pusat perusahaan di pusat Kota Phoenix.

Moffett seperti dikutip  www.azcentral.com dari Wall Street Journal, Senin (11/1/2021) menjabat sebagai CEO dan ketua dan selama bertahun-tahun, salah satu eksekutif dengan bayaran tertinggi di Arizona meskipun dia memiliki profil masyarakat sipil dan filantropis yang lebih menonjol di Louisiana dan Texas.

Perusahaan ini sekarang memiliki pasar saham senilai US$44 miliar dan menghasilkan pendapatan lebih dari US$13 miliar dengan sekitar 27.500 karyawan. Perusahaan memiliki tambang di Arizona, Papua di Indonesia, Amerika Selatan, dan Republik Demokratik Kongo.

Tambang Grasberg yang dibantu didirikan oleh Moffett, di separuh New Guinea di Indonesia, memiliki cadangan emas dan tembaga terbesar di dunia.

Dia pensiun sebagai ketua eksekutif pada 2015 setelah memandu perusahaan dalam usaha yang keliru di bidang minyak dan gas.

Situs web Freeport-McMoRan mencantumkan penghormatan singkat kepada mantan pemimpinnya, menyebutnya sebagai "ahli geologi dan visioner legendaris" dan "pelopor sejati dalam industri sumber daya alam."

James Robert Moffett, yang lebih suka dipanggil "Jim Bob," lahir di Louisiana pada Agustus 1938, tetapi menghabiskan sebagian besar masa mudanya di daerah Houston dalam sebuah rumah tangga berpenghasilan rendah, dengan satu orang tua.

Markas pusat Freeport-McMoRan berbasis di Phoenix. Moffett mendirikan McMoRan Oil & Gas Co. dengan dua mitra pada 1969 setelah 5 tahun bekerja sebagai ahli geologi.

Moffet membantu mengatur merger dengan Freeport Minerals Co. pada tahun 1981, yang membentuk Freeport-McMoRan Inc. Moffett menjabat sebagai CEO hingga tahun 2003 dan sebagai ketua hingga 2015.

Pada 2007, dengan Moffett sebagai ketuanya, perusahaan tersebut mengakuisisi salah satu perusahaan ikonik Arizona, Phelps Dodge, dan memindahkan kantor pusatnya dari pusat Kota New Orleans, dekat Superdome, ke pusat kota Phoenix.

Perusahaan telah memisahkan bisnis minyak dan gasnya, tetapi Freeport mengumumkan rencana besar dan kontroversial untuk berinvestasi lagi di sektor tersebut pada 2012.

Investor mempertanyakan perpindahan dari logam dan beberapa interaksi dekat di antara berbagai perusahaan yang terlibat. Utang Freeport-McMoRan membengkak selama periode ini, dan harga sahamnya merosot.engan beragamnya kepentingan bisnis perusahaan, muncul tantangan baru.

Pada Mei 2013, keruntuhan besar-besaran di tambang Grasberg di Indonesia menewaskan 28 pekerja dan menyebabkan penghentian sementara pengiriman dari tambang itu saat tragedi tersebut diselidiki.

Tambang tersebut juga dikritik karena praktik lingkungan yang buruk, dan telah dikaitkan dengan pelanggaran hak asasi manusia terhadap penduduk asli oleh pasukan Indonesia.

“Ini adalah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam lebih dari 40 tahun sejarah operasi kami di Papua,” kata Moffett pada saat tambang runtuh dalam pernyataan bersama dengan CEO Richard Adkerson.

Moffett memainkan peran penting dalam negosiasi tambang Indonesia selama bertahun-tahun, termasuk negosiasi dengan Pemerintah Indonesia yang memungkinkan operasi tersebut berkembang.

Moffett memperoleh gelar sarjana dalam bidang geologi dari Universitas Texas saat bersekolah dengan beasiswa sepak bola di bawah asuhan pelatih Darrell Royal. Ia kemudian memperoleh gelar master di bidang geologi dari Universitas Tulane.

Dia juga menerima gelar doktor kehormatan dari Louisiana State University dan gelar Doctor of Financial Economics, Honoris Causa, gelar dari University of New Orleans. Dia adalah seorang dermawan dari Universitas Texas dan kelompok serta tujuan lainnya.

Di antara penghargaan lainnya, ia menerima penghargaan atas kontribusi kemanusiaan yang luar biasa dari Asosiasi Horatio Alger.

“Jim Bob telah menjadi kepala ahli geologi kami dan telah menunjukkan hasrat yang besar untuk eksplorasi sepanjang kariernya,” kata CEO Adkerson dalam sebuah pernyataan ketika Moffett pensiun sebagai ketua pada 2015. (Moffett menjabat sebagai CEO dari tahun 1984 hingga 2003.)

“Dia berperan penting dalam penemuan dan pengembangan deposit Grasberg kami di Indonesia, yang telah berkembang menjadi salah satu deposit tembaga dan emas terbesar di dunia.”

Moffett meninggalkan istrinya, Lauree, empat anak dan enam cucu, Wall Street Journal melaporkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Freeport grasberg james moffet
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top