Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kecelakaan SJ-182, Pemerintah Wajib Tingkatkan Keselamatan Penerbangan

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin berharap pemerintah meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan transportasi penerbangan usai kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  10:42 WIB
Pesawat Sriwijaya Air.  - Sriwijaya Air.
Pesawat Sriwijaya Air. - Sriwijaya Air.

Bisnis.com, JAKARTA - Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) bisa menjadi momentum pemerintah untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan transportasi penerbangan.

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin berharap pemerintah dapat bersikap tegas terhadap maskapai jika terbukti melakukan kelalaian dan berharap peristiwa serupa tidak terulang kembali dalam dunia penerbangan Indonesia.

"Belum lama peristiwa Lion Air di Karawang, saat ini maskapai Sriwijaya, ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk lebih serius memprioritaskan keselamatan para penumpang di bidang transportasi udara," kata Azis, Senin (11/1/2021).

Dia meminta pihak maskapai dapat mengevaluasi dan melakukan pembelajaran dari peristiwa penyebab jatuhnya pesawat dengan mengacu hasil investigasi resmi yang dilakukan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Di sisi lain, pilot dan teknisi penerbangan ke depan dapat memperhatikan kerusakan atau masalah apa saja yang sering menjadi salah satu penyebab jatuhnya pesawat.

Politikus Partai Golkar itu menilai perkembangan teknologi akan mempermudah dengan selalu melakukan pemeliharaan secara berkala.

Selain itu, menurut dia, regulator dunia penerbangan juga perlu memperhatikan agar semua maskapai secara sungguh-sungguh menjalankan standar operasional prosedur (SOP), bahkan kalau perlu diaudit.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sriwijaya Air

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top