Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 Naik, Indeks Kepercayaan Konsumen AS Turun

Memburuknya perekonomian nasional dan meningkatnya jumlah penularan Covid-19 membuat indeks kepercayaan konsumen di AS kembali memburuk.
New York, AS./Bloomberg
New York, AS./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks kepercayaan konsumen di Amerika Serikat (AS) turun pada pekan lalu ke level terendahnya selama empat bulan terakhir.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Jumat (1/1/2020) hal itu terjadi karena masyarakat AS makin pesimis dengan keadaaan perekonomian nasional dan kembali naiknya angka penularan Covid-19.

Indeks Kepercayaan Konsumen Bloomberg turun 2,4 poin dalam sepekan termasuk Natal menjadi 44,6. Level itu menjadi terendah sejak periode yang berakhir 23 Agustus 2020.

Penilaian orang Amerika terhadap kondisi ekonomi nasional, daya beli, dan keuangan pribadi mereka semuanya memburuk. Laporan tersebut muncul dengan latar belakang kasus Covid-19 yang melonjak dan pembatasan pergerakan manusia yang kembali diberlakukan dibeberapa tempat di AS.

Pesimisme orang Amerika tentang ekonomi dan situasi keuangan mereka terus berlanjut ketika anggota parlemen mengajukan stimulus baru. Tagihan stimulus pandemi senilai US$ 900 miliar, yang disahkan oleh Kongres pada 21 Desember, tidak ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Donald Trump hingga 27 Desember 2020.

Sesuai dengan level terendahnya sejak awal Juli, indeks sentimen untuk ekonomi nasional turun 3 poin menjadi 34, penurunan mingguan ketiga berturut-turut.

Indeks tersebut telah turun 6,5 poin dalam dua minggu terakhir, terbesar sejak April dan mencerminkan pesimisme di antara Partai Republik.

Smeentara itu, indeks tentang keuangan pribadi turun ke level terendah empat bulan di 58,8 dari 61,2. Pandangan terhadap daya beli juga memburuk minggu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper