Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah, Pendengar Podcast Meningkat 3 Kali Lipat

Platform layanan musik dan siniar, Spotify menyebutkan ada peningkatan tiga kali lipat pendengar podcast sepanjang 2020 dibandingkan tahun sebelumnya.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  20:10 WIB
Podcast di Indonesia akan terus menjadi fokus perusahaan dan mereka berharap ke depan dapat bekerja sama dengan lebih banyak kreator lokal.  - Spotify
Podcast di Indonesia akan terus menjadi fokus perusahaan dan mereka berharap ke depan dapat bekerja sama dengan lebih banyak kreator lokal. - Spotify

Bisnis.com, JAKARTA – Platform layanan musik dan siniar, Spotify menyebutkan ada peningkatan tiga kali lipat pendengar podcast sepanjang 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Spotify’s Head of Studios for Southeast Asia, Carl Zuzarte mengatakan 2020 merupakan tahun luar biasa bagi podcast Indonesia, yang mana konsumsi podcast meningkat pesat begitu pula ekosistem pemain lokal yang terus berkembang.

“Pendengar makin dekat dengan mulai mengikuti cerita terbaru dari artis favorit, menyelami cerita horor, atau sekadar menertawakan celoteh penuh canda, podcast telah membawa orang-orang ke dunia hiburan baru selagi tetap berada di rumah,” katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (1/1/2021).

Dia menjelaskan genre podcast terpopuler di Indonesia adalah komedi, budaya dan masyarakat, seni dan hiburan, cerita (monolog), dan gaya hidup serta kesehatan.

Sedangkan, Genre global terpopuler pada 2020 adalah masyarakat dan budaya, diikuti komedi, gaya hidup dan kesehatan, seni & hiburan, dan edukasi.

Selain itu, para pendengar Indonesia juga cenderung mendengarkan podcast pada malam hari.

“Perkembangan podcast di Indonesia pada 2020 sangat mengagumkan. Sepanjang 2020, kami telah bekerja sama dengan 23 podcast eksklusif Indonesia dan kami sangat senang karena banyak dari mereka masuk deretan podcast terpopuler di Indonesia dan global,” katanya.

Carl mengatakan podcast di Indonesia akan terus menjadi fokus perusahaan dan mereka berharap ke depan dapat bekerja sama dengan lebih banyak kreator lokal.

“Kami harap dapat bekerja sama dengan banyak kreator lokal untuk mempersembahkan makin banyak konten hiburan bagi pendengar kami di Indonesia,” ujar Carl.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Spotify podcast
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top