Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Podcast Makin Melejit pada 2021

Pertumbuhan pendengar siniar (podcast) di Indonesia diprediksi makin melejit sepanjang 2021.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  17:10 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan siniar (podcast) Sandiwara Sastra sebagai bentuk inovasi dan bagian dari program Belajar dari Rumah pada masa pandemi Covid-19. - Istimewa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan siniar (podcast) Sandiwara Sastra sebagai bentuk inovasi dan bagian dari program Belajar dari Rumah pada masa pandemi Covid-19. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan pendengar siniar (podcast) di Indonesia diprediksi makin melejit sepanjang 2021.

Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Yosi Mokalu mengatakan bahwa pada kuartal IV/2020 ada lebih dari 2.000 podcaster baru yang lahir dari program Kelas Podcast Siberkreasi.

“Bila merujuk pada hasil pendataan Spotify, yang mana Indonesia masuk 5 negara pengguna Anchor terbanyak, maka besar kemungkinan akan ada kenaikan jumlah podcaster pada 2021,” katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (1/1/2021).

Lebih lanjut, Yosi menjelaskan bahwa akan ada perubahan segmentasi pada 2021, yang mana para pemain podcast dan pengembang kelas siniar yang menyasar ke berbagai segmen profesional seperti pengajar dan usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, jika melihat tren 2020 yang mana konten dengan elemen horor, komedi, obrolan mendominasi genre yang diminati pendengar maka besar kemungkinan konten serupa dan konten dengan tujuan khusus (monolog) besar kemungkinan masih memiliki tempat bagi pendengar pada 2021.

“Masih memiliki tempat di hati pendengar, tetapi tentu dengan penyegaran format dan kemasan ke depan,” ujarnya.

Yosi pun menilai bahwa gejolak yang tumbuh dalam industri ini tidak terlepas dari tantangan, yakni bagaimana menjaring pendengar, bukan membagi pendengar. “Tantangan lain adalah bagaimana menjadikan podcast bukan sekadar platform distribusi informasi tapi juga menghidupi kreatornya,” katanya.

Dia mengatakan pada 2021 strategi yang akan dipilih dari pemerintah, khususnya Siberkreasi akan lebih banyak pelatihan yang bertujuan memaksimalkan kualitas konten dari kreator.

“Di sisi lain juga akan terus berupaya mematangkan kemampuan kreator dalam berkreasi digital dengan banyak kelas komprehensif sesuai ketertarikan kreator dan kebutuhan pasar,” ujar Yosi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi digital podcast
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top