Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Podcast 2021 Kian Berkembang, Pemain Perlu Lakukan Ini

Industri Podcast dinilai perlu memainkan ragam genre baru untuk bisa terus tumbuh pada 2021.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  18:50 WIB
Era digital merubah gaya hidup di dunia. Pada era digital semua orang dapat terhubung dan semua orang dapat membuat konten hingga mengomentari konten apapun di sana.  - Bisnis/Himawan L Nugraha
Era digital merubah gaya hidup di dunia. Pada era digital semua orang dapat terhubung dan semua orang dapat membuat konten hingga mengomentari konten apapun di sana. - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Industri podcast dinilai perlu memainkan ragam genre baru untuk bisa terus bertumbuh pada 2021.

Randy Arbiyantama, Penyiar Podcast Retropus, mengatakan bahwa hal ini dikarenakan makin banyak pemain besar yang masuk sehingga menjadi tantangan bagi pemain baru ke depan.

“Dan juga sudah banyak brand yang sadar dengan kekuatan beriklan di podcast, seharusnya jumlah pendengar akan berbanding lurus dengan jumlah pemain baru, baik nama kecil atau nama besar,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Jumat (1/1/2021).

Dia melanjutkan konten monolog atau storytelling masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan para pemain baru pada 2021

“[pemain baru] bisa coba storytelling, belum banyak yang main di genre ini. Piala Eropa juga akan bikin podcast sepakbola menjamur di tengah tahun,” ujarnya.

Namun, dia mengimbau agar pemain podcast perlu menjaga konsistensi, selain memperkuat dari sisi variasi.

Pakar Komunikasi dan Media Digital dari Universitas Muhammadiyah Tangerang Rully Yose menyebutkan industri podcast memiliki potensi terhadap kenaikan, baik pendengar dan pemain.

“Podcast sudah menjadi lingkaran digital yang saat ini juga menjadi ruang penghubung bagi pengguna, pendengar, dan bagian dari ekosistemnya. Kurang lebih seperti fenomena radio,” katanya.

Dia menjelaskan podcast memberikan beberapa keunggulan, yaitu kontennya yang on-demand, alias bisa diputar kapan saja, bisa memilih topik yang disuka dan juga tidak membutuhkan kuota yang terlalu banyak seperti memutar video sampai durasi yang dianggap ideal bagi milenial.

Berdasarkan laporan data Spotify, Indonesia merupakan pendengar podcast terbanyak di Asia Tenggara. Diprediksikan akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan pada 2024

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Spotify podcast
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top