Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Persiapan KAI Jelang Tahun Baru, 28 Stasiun Layani Rapid Test

KAI menyampaikan persiapannya menjelang libur Tahun Baru, salah satunya menyediakan fasilitas rapid test antigen yang tersebar di 28 stasiun.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  13:19 WIB
Layanan rapid test di Stasiun Madiun untuk memberikan kemudahan pelanggan yang akan menggunakan kereta api pada masa adaptasi kebiasaan baru. - Antara
Layanan rapid test di Stasiun Madiun untuk memberikan kemudahan pelanggan yang akan menggunakan kereta api pada masa adaptasi kebiasaan baru. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali mengantisipasi puncak libur akhir tahun pada momen Tahun Baru setelah melayani peningkatan penumpang pada momen Natal.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan dengan adanya penyesuaian masa cuti bersama Natal dan Tahun Baru 2021 oleh pemerintah KAI telah bersiap melayani peningkatan pelanggan selanjutnya yakni di momen libur Tahun Baru 2021.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menilai pada masa Tahun Baru 2021 akan ada dua gelombang arus perjalanan yaitu libur Natal 2020 dan libur Tahun Baru 2021. Hal tersebut menyesuaikan dengan masa cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah.

“Pada masa libur Natal, puncak mudik telah terjadi pada 23 dan puncak balik terjadi pada 27 Desember 2020. Untuk momen libur Tahun Baru 2021, KAI memprediksi puncak arus pelanggan terjadi pada 30 Desember 2020 dan 3 Januari 2021,” ujarnya, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI akan menambah layanan Rapid Test Antigen dan konsisten mematuhi setiap aturan serta kebijakan dari pemerintah dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

KAI mematuhi SE Kemenhub No. 23/2020 yang mewajibkan pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen pada masa Libur Natal dan Tahun Baru 2021. Sebagai peningkatan pelayanan bagi pelanggan, KAI telah menyediakan 28 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen seharga Rp105.000.

"Sudah lebih dari 62.000 peserta rapid test yang kami layani di stasiun untuk memudahkan pelanggan dalam melengkapi syarat menggunakan kereta api pada masa pandemi Covid-19. Jumlah stasiun tersebut secara berkala juga akan kami tambah," tambah Joni.

Dia menuturkan untuk mengatasi antrean yang mungkin ada pada awal layanan Rapid Test Antigen di stasiun, KAI telah menata alur layanan tersebut dengan teratur, di antaranya menyediakan ruang tunggu dengan kapasitas yang lebih memadai serta memberikan jarak antara calon penumpang saat mendaftar, mengambil sampel, hingga saat menunggu hasil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top