Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Puncak Arus Balik Natal, Ini Total Penumpang Bandara Ngurah Rai

Angkasa Pura I memprediksi arus balik libur Natal terjadi pada hari ini dengan realisasi pergerakan penumpang sejak 18 Desember 2020 yang mencapai 108.937 orang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  19:31 WIB
Warga antre saat akan melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19, di area Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (18/12/2020). Pengelola Bandara Ngurah Rai Bali mulai Jumat (18/12) menyediakan layanan Rapid Test Antigen setelah sebelumnya telah menyediakan layanan Rapid Test Antibodi yang dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf - hp.\r\n
Warga antre saat akan melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19, di area Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (18/12/2020). Pengelola Bandara Ngurah Rai Bali mulai Jumat (18/12) menyediakan layanan Rapid Test Antigen setelah sebelumnya telah menyediakan layanan Rapid Test Antibodi yang dapat digunakan sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf - hp.\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura I mencatat pergerakan penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sejak hari pertama Posko Angkutan Nataru pada 18 hingga 25 Desember 2020 mencapai 108.937 orang.

VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan menyampaikan tak hanya untuk bandara Ngurah Rai di Bali Puncak arus mudik libur Natal 2020 di seluruh bandara AP I terjadi pada Kamis (24/12/2020) dengan trafik penumpang mencapai 123.969 orang.

“Puncak arus balik libur Natal diprediksi terjadi mulai pada hari ini,” ujarnya, Minggu (27/12/2020).

Handy menuturkan saat ini pergerakan penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I pada periode 18 hingga 25 Desember 2020 mencapai 878.667 orang. Trafik tertinggi pada periode ini terdapat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 199.938 orang, diikuti oleh Bandara Juanda Surabaya dengan trafik penumpang mencapai 174.709 orang, sisanya adalah bandara Ngurah Rai di Bali.

Adapun, kata dia, untuk di bandara-bandara besar seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sedang diupayakan untuk disiapkan layanan tes Covid-19 drive through di bandara agar konsentrasi antrean terpecah.

Dia menganjurkan calon penumpang pesawat udara untuk melakukan rapid test antigen H-1 sebelum keberangkatan sehingga proses keberangkatan pada hari keberangkatan dapat lebih nyaman tanpa waktu menunggu antrean yang cukup lama. Hal itu demi mencegah terjadinya penumpukan antrean rapid test antigen dan proses verifikasi dokumen syarat penerbangan di bandara.

Bagi calon penumpang, diingatkan pula untuk mengisi e-HAC di aplikasi mobile sebelum penerbangan untuk menghindari penumpukkan di antrean validasi bandara tujuan.

AP I juga telah menambah sejumlah titik pemeriksaan tes Covid-19 di bandara untuk mengurai penumpukkan antrean periksa dan menunggu hasil tes hingga menambah petugas bandara yang menangani antrean calon penumpang.

Menyiapkan alur antrean pendaftaran tes Covid-19, antrean pembayaran, pengambilan sampel, area tunggu pengambilan hasil yang disesuaikan dengan jumlah calon penumpang yang datang untuk tes Covid-19. Pengaturan flow ini dievaluasi setiap harinya. Menyiapkan kursi tambahan di area tunggu pengambilan hasil dan memberikan air mineral kepada calon penumpang yang menunggu hasil tes.

Operator pelat merah tersebut juga berkoordinasi dengan airlines untuk membuka layanan khusus refund dan reschedule tiket dengan syarat calon penumpang menunjukkan hasil rapid antigen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top