Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sandiaga Uno Bertemu Luhut Binsar di Bali, Bahas Apa?

Sandiaga mengaku diberi arahan oleh Luhut Binsar Pandjaitan, khususnya terkait pemulihan sektor parisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  16:29 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12/2020).  -  Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12/2020). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12/2020).

"Saya ingin melaporkan baru saja bertemu dengan Menko Maritimvest Luhut Binsar Pandjaitan. Beliau menyampaikan beberapa arahan kepada saya," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Minggu (27/12/2020).

Pertama, Luhut meminta Sandiaga langsung bekerja untuk menciptakan kerja sama tim yang solid (solid team work). Tim tersebut, katanya, harus betul-betul berjuang membangkitkan pariwisata dan membuka lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif di tengah pandemi Covid-19.

Kedua, Luhut menginstruksikan Sandiaga untuk fokus pada 5 destinasi super prioritas. Hal itu, kata dia, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Sandiaga mengatakan persiapan dilakukan dari berbagai aspek. Bukan hanya infrastruktur semata, tetapi penyediaan fasilitas maupun atraksi budaya, misalnya penginapan, toilet, maupun seluruh penyiapan daerah tujuan wisata.

"Untuk sektor Ekraf sudah pasti kuliner dan kerajinan," jelasnya.

Ketiga, Sandi mengaku pihaknya siap untuk berkolaborasi dengan banyak elemen. Apalagi, katanya, Luhut menyebutkan bahwa sebanyak 120 juta dosis vaksin Covid-19 akan hadir pada kuartal I/2021.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap dengan program tersebut akan tercipta herd immunity. Meski demikian, dia mengatakan bakal fokus menggaet wisatawan nusantara untuk kembali melancong.

"Ada 55 juta kelas menengah Indonesia menjadi target. Pak Luhut akan ke Toba bersama Menteri Luar Negeri Tiongkok [China] pada 12 Januari 2021. Kunjungan saya 30 Januari juga mempersiapkan itu," imbuhnya.

Dia mengatakan lima destinasi wisata super prioritas, antara lain Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sandi mengaku siap menerapkan pariwisata yang memiliki keberlanjutan atau sustainable tourism. Salah satunya dengan mengelola sampah menjadi jadi energi.

Aspek sustainable tourism bakal diberlakukan khususnya di Bali. Pasalnya, sektor pariwisata menghadapi kesulitan selama pandemi Covid-19. Untuk sektor ekonomi kreatif, dia menilai pengelolaan terumbu karang dan teknologi tinggi (hi tech) bisa menjadi solusi.

"Di kupang sudut, diharapkan ada gerak yang lebih cepat menangkap setelah pandemi ini wisman yang cocok pasar dari Tiongkok. Labuan Bajo destinasi investasi cukup seksi. Mandalika Moto GP, ke depan fokus kita calender of event destinasi super prioritas tertatat dengan baik," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sandiaga uno Luhut Pandjaitan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top