Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuitan Harapan dari Emil Salim dan Faisal Basri untuk Menkes Baru

Dua ekonom senior memberikan pandangannya soal terpilihnya Budi Gunaldi Sadikin. Berikut ini pandangan mereka.
Nindya Aldila & Hadijah Alaydrus
Nindya Aldila & Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  08:29 WIB
Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk menjabat sebagai Menteri Kesehatan, Selasa (22/12/2020). - Kominfo
Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk menjabat sebagai Menteri Kesehatan, Selasa (22/12/2020). - Kominfo

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom senior Faisal Basri mengungkapkan harapannya bagi Menteri Kesehatan yang baru ditunjuk Budi Gunadi Sadikin.

Dalam cuitan di Twitter miliknya, Rabu (23/12/2020), Faisal mengungkapkan muncul setitik harapan dengan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

"Ia tahu apa yang harus dilakukan. Science dan data jadi basis pengambilan keputusan yang dibantu para ahli yang mumpuni. Insya Allah," tulis Faisal di laman Twitter miliknya.

Guru Besar Emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Emil Salim juga memberikan pandangannya terkait dengan Menteri Kesehatan yang baru.

Menurutnya, Indonesia tertinggal dalam 3T, yakni testing, tracing, dan treatment Covid-19, sehingga berperang dengan virus Corona tanpa mengetahui dimana musuh bersembunyi.

"Mungkinkah Menteri Kesehatan Sadikin galakkan 3T agar “perang lawan Covid” lebih rasional?," ujarnya.

Dalam sambutannya kemarin, Selasa (22/12/2020), calon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak seluruh jajaran pemerintah dan rakyat dalam menghadapi Covid-19 agar masa depan Indonesia lebih baik.

Hal itu disampaikan dalam pidato singkat di Istana Merdeka pada Selasa (22/12/2020) usai dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan yang baru.

Dalam pembukaan pidatonya, dia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah mempercayakan amanah, salah satunya untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 tersebut.

“Tidak cukup pemerintah membuat program-program pemerintah sendiri, tetapi ini harus merupakan suatu gerakan yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Dengan demikian, anak-anak Indonesia dapat segera kembali ke sekolah, pengusaha UMKM dapat membuka toko-tokonya kembali, dan semua pekerja bisa datang kembali ke kantornya dan memulai hidup yang normal.

Dengan bekerja sama dengan asosiasi, pemerintah daerah, dan seluruh komponen bangsa, sistem pelayanan kesehatan publik yang kuat dapat terbangun.

Dari track record-nya, Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN ke-2 sejak 25 Oktober 2019. Dia juga sempat menduduki jabatan Direktur Utama PT Inalum (Persero) dan PT Bank Mandiri Tbk. (Persero).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

faisal basri Reshuffle Kabinet emil salim menteri kesehatan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top